Selasa 02 Nov 2021 12:14 WIB

Fenomena Anak yang tak Mau Mengasuh Orang Tua Lanjut Usia

Penting untuk menyediakan layanan sosial bagi para orang lanjut usia

Ibu dan anak / Ilustrasi
Foto: Republika.co.id
Ibu dan anak / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Meiliza Laveda / Rossi Handayani

Media sosial dihebohkan dengan kabar seorang ibu lanjut usia yang dititipkan tiga anaknya ke sebuah panti jompo. Dalam surat keterangan yang ditandatangani tiga anak tersebut disebutkan jika anak-anaknya menitipkan ibunya karena alasan sibuk.

Trimah, nama ibu malang tersebut. Kisahnya viral setelah surat pernyataan yang dibuat anak-anak Trimah kepada Panti Jompo di Griya Lansia Husnul Khatimah, Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tersebar di media sosial dan viral.

Kondisi Ibu Trimah yang menjadi viral di sosial media karena ditempatkan di panti jompo oleh ketiga anaknya mengundang berbagai tanggapan. Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar NU (PBNU), KH Mahbub Maafi mengatakan tindakan berbakti kepada orang tua atau birrul walidaimi harus dilakukan oleh anak dan terus berlanjut. Terlebih, saat orang tua sudah tidak bisa melakukan apa pun.

“Berbuat kebaikan kepada orang tua sudah menjadi kewajiban bagi anak dan akan sangat luar biasa lagi ketika orang tua sudah tidak bisa berbuat apa pun,” kata Mahbub, Senin (1/11).

Kewajiban mengurus orang tua, terutama saat mereka sudah lanjut usia harus tetap dilakukan meskipun kondisi anak sedang sibuk karena pekerjaan. Dalam Islam, jika salah seorang orang tua sudah lanjut usia, anak seharusnya merawatnya dengan baik. Allah berfirman dalam surat Al Isra ayat 23-24:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang.”

Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustadz Abdullah Zaen Lc.,MA menjelaskan, Rasulullah Saw mendoakan celaka anak yang diberi kesempatan bisa menjumpai usia lanjut orangtuanya, lalu ia tidak memanfaatkannya untuk mengejar surga.

"رغم أنف عبد أدرك والديه أو أحدَهما فلم يَدْخُل الجنة"

"Celakalah seseorang yang berkesempatan menjumpai kedua orangtuanya menginjak usia lanjut, namun hal itu tidak menyebabkannya masuk surga." HR. Ibn Khuzaimah, Ibn Hibban serta al-Baihaqy dalam al-Kubra dan ini merupakan redaksi beliau. Al-Albaniy menilai hadits ini hasan sahih.

"Kaidah menyebutkan bahwa 'balasan itu sesuai dengan perbuatan'. Barangsiapa yang durhaka kepada orang tuanya, maka kelak anak dia akan durhaka kepadanya," ucap Ustadz lulusan S2 jurusan Aqidah, Universitas Islam Madinah ini.

Ustadz melanjutkan, terlebih lagi telah ditegaskan dalam sebuah hadits bahwa azab atas perbuatan durhaka kepada orang tua akan diterima pelakunya di dunia, sebelum di akhirat.

‌اثْنانِ ‌يُعَجِّلُهُما ‌الله ‌فِي ‌الدُّنْيا: البَغْيُ وعُقُوقُ الوالدين

"Dua dosa yang dipercepat balasannya di dunia oleh Allah, yaitu berlaku zalim dan durhaka kepada kedua orang tua." HR. Thabaraniy dan isnadnya dinilai hasan oleh al-Munawiy.

Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan keprihatinan karena maraknya fenomena anak yang tidak mau mengasuh orang tua yang sudah lanjut usia.

“Ini adalah masalah sosial dan moral yang serius. Dalam ajaran Islam, anak diwajibkan mengasuh dan mengasihi orang tua, apa pun keadaannya,” katanya.

Di sisi lain, fenomena yang dialami oleh Ibu Trimah menyoroti pentingnya pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan layanan sosial bagi para orang lanjut usia (lansia) seiring meningkatnya tingkat harapan hidup jumlah lansia. Selain itu, faktor lain juga berkontribusi, seperti kecenderungan kehidupan yang hedonistik, materialistik, dan individualis yang membuat sebagian masyarakat sibuk dengan urusan pribadi.

Inilah yang membuat mereka menjadi sosok yang tidak peduli kepada orang lain terlebih kepada orang tua sendiri. Oleh karena itu, Abdul menyarankan pemerintah untuk segera menangani masalah ini.

“Pemerintah khususnya kementerian sosial perlu segera mengambil langkah strategis untuk mengatasi masalah lansia,” ujar dia. Abdul juga menyarankan agar dilakukan edukasi kepada masyarakat soal lansia. Dalam hal ini, pemerintah bisa memfasilitasi masyarakat yang memberikan layanan lansia.

 “Misalnya Muhammadiyah sudah membentuk Muhammadiyah Senior Care. Selain yang melayani di panti juga ada pelayanan kunjungan ke ruma. Ada juga gathering pekanan, pelayanan kesehatan, dan lain-lain,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement