Senin 01 Nov 2021 22:15 WIB

Jadi Word of the year, Kata 'Vax' Masuk Kamus Oxford

'vax' yang berarti vaksin, menjadi sangat populer saat pandemi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kamus Besar Oxford
Foto:

Vax juga telah digunakan dalam kata-kata untuk menggambarkan mereka yang menentang vaksinasi, seperti anti-vax atau anti-vaxxers.

 

Perusahaan mengatakan tren telah terlihat dalam bahasa lain, dengan penggunaan 'vacina' terdengar 10 kali lebih banyak di Portugal daripada satu dekade lalu. Kata 'vaksin' Prancis sekarang hampir secara eksklusif merujuk pada inokulasi Covid.

 

Presiden Oxford Languages, Casper Grathwohl, mengatakan bahwa, ketika meninjau bukti bahasa, vax menonjol sebagai pilihan yang jelas. 

 

"Lonjakan penggunaan kata yang dramatis menarik perhatian kami terlebih dahulu. Kemudian kami menjalankan analisis dan sebuah cerita mulai muncul," ujar Grathwohl.

 

Menurut Grathwohl, buktinya ada di mana-mana, dari aplikasi kencan (vax 4 vax) dan frustrasi yang terpendam (hot vax summer) hingga kalender akademik (vaxx to school) dan operasi birokrasi (vax pass). 

 

"Dalam memonopoli wacana kita, jelas bahasa vaksin mengubah cara kita berbicara dan berpikir, tentang kesehatan masyarakat, komunitas, dan diri kita sendiri," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement