Ahad 24 Oct 2021 18:37 WIB

Ganjar Minta Daerah Merasakan Dampak Gempa Siaga Bencana

Gubernur Jateng minta daerah yang merasakan dampak gempa untuk apel siaga kebencanaan

Rep: Bowo Pribadi / Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto:

Gubernur juga ingin daerah-daerah lain yang rawan bencana juga sudah mulai melakukan simulasi evakuasi. Gunakan seluruh kekuatan dan seluruh alat yang ada dan tidak perlu peralatan yang canggih-canggih.

Bahkan bila perlu kentongan juga dioptimalkan sebagai alat utuk mendukung kewaspadaan. Sehingga pada saat yang mendesak bisa dilakukan penyelamatan dengan cepat dan pengurangan risiko bencana juga dapat diwujudkan.

Selain itu, masih kata Ganjar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui tim geologi  Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga terus mendampingi dan mengikuti bagaiman pergerakan dari sesar yang ada.

Karena gempa yang berpusat di sekitar Salatiga dan Ambarawa ini karena aktivitas sesarnya. Jadi bukan karena vulkanis tetapi karena sesarnya dan ini yang masih dipantau terus.

"Apakah sudah mencapai keseimbangannya, tim geologi masih bekerja terus. Maka kita punya asumsi bahwa kita mending siaga terus, di daerah- daerah yang berada di sekitar sesar tersebut, wabil khusus Salatiga dan Kabupaten Semarang,” tegasnya.

Di satu sisi, Gubernur Jawa Tengah juga mengingatkan kepada daerah- daerah yang lain juga tetap siaga, seperti daerah yang berada di kawasan pegunungan tengah mulai dari Temanggung,Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Purbalingga hingga Cilacap.

Karena daerah ersebut banyak terdapat kawasan yang rawan terhadap bencana tanah longsor, seperti yang sudah terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Purbalingga dan  Kabupaten Banjarnegara.

Terkait hal itu Kabupaten Banjarnegara kemarin sudah langsung menggelar apel siaga dan menyiapkan berbagai kebutuhan untuk penanganan darurat kebencanaan juga sudah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

 

"Tapi yang paling penting menurut saya adalah edukasi kepada masyarakat agar mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi dan jika terjadi darurat kebencanaan di lingkungannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement