Rabu 20 Oct 2021 21:48 WIB

Anies Dinilai Potensial Menangi Pilpres 2024

Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera mendeklarasikan Anies sebagai capres 2024.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Karta Raharja Ucu
Deklarator dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir (kanan) bersama Dani Kusuma (kedua kiri) memberikan keterangan saat konferensi pers tentang Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di Gedung Joang 45, Jakarta, Rabu (20/10). Kelompok relawan ANIES mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju pada pemilihan presiden tahun 2024. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Deklarator dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir (kanan) bersama Dani Kusuma (kedua kiri) memberikan keterangan saat konferensi pers tentang Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di Gedung Joang 45, Jakarta, Rabu (20/10). Kelompok relawan ANIES mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju pada pemilihan presiden tahun 2024. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Anies Baswedan akhirnya masuk bursa calon presiden setelah Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIS) mendeklarasikan gubernur DKI Jakarta itu sebagai capres pada Pilpres 2024. Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai Anies sangat potensial memenangkan Pilpres 2024.

"Pilihan relawan ANIS untuk mendukung Anies tentu sangat logis. Sebab, Anies salah satu capres yang sangat potensial untuk memenangkan pilpres 2024," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (20/10).

Baca Juga

Jamiluddin tak asal bicara. Ia berkata pendapatnya bisa dilihat dari hasil survei berbagai lembaga survei yang kredibel. Sejauh ini, kata dia, elektabilitas Anies selalu masuk tiga besar. "Bahkan, dalam beberapa survei Anies memperoleh elektabilitas tertinggi mengungguli Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo," ujar Jamiluddin.

photo
Deklarator dari Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) La Ode Basir (kedua kiri) bersama Dani Kusuma (kiri), M. Iqbal Siregar (kedua kanan) dan M. Ambardi (kanan) memberikan keterangan saat konferensi pers tentang Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di Gedung Joang 45, Jakarta, Rabu (20/10). Kelompok relawan ANIES mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju pada pemilihan presiden tahun 2024. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Keberhasilannya memimpin Jakarta dapat menjadi modal untuk memenangkan Pilpres 2024. Dari 23 janji politik dalam catatan Jamiluddin pada umumnya sudah Anies penuhi. Seperti kemacetan yang sudah mulai terurai, setidaknya kemacetan Jakarta tidak separah sebelum Anies menjabat gubernur.

"Banjir pun sudah tidak separah sebelumnya. Meskipun banjir masih terjadi, namun dalam waktu yang relatif singkat sudah surut," kata dia.

Selain itu prestasi Anies juga cukup menonjol selama menjadi gubernur. Banyak penghargaan tingkat nasional dan internasional yang diperolehnya. Bahkan pemimpin dari berbagai negara menghormati Anies.

"Karena itu, Anies menjadi kandidat yang sangat layak untuk bersaing ketat dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pramono. Peluangnya menang akan semakin besar bila para relawan pendukung Anies militan," kata dia.

Menurutnya, para relawan Anies akan terus bermunculan di penjuru tanah air. Hal itu akan menjadi modal besar bagi Anies untuk bertarung pada pilpres 2024.

"Dengan bantuan para relawannya, elektabilitas Anies diperkirakan akan semakin meroket. Elektabilitas yang tinggi akan membuat partai politik semakin yakin untuk mengusung Anies pada pilpres 2024," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIS) akan mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024, pada Rabu (20/10) hari ini. Deklarasi itu dilakukan karena Anies Baswedan dianggap berhasil dalam memimpin DKI Jakarta.

"Contohnya penataan kota yang lebih rapi, instrumen jelas dibuktikan dengan penghargaan dari lembaga kredibel," ujar Koordinator ANIS, La Ode Basir di Jakarta, Selasa (19/10).

La Ode melanjutkan, berbagai penghargaan itu muncul saat Anies diklaimnya berhasil menata integrasi transportasi, penataan jalan, pembangunan sarana hingga infrastruktur. Dengan dasar tersebut, Anies dianggap para relawan layak memimpin Indonesia.

"Dua puluh tiga janji kampanye Anies kan kelihatan, ada yang sudah dikerjakan, ada yang sedang berjalan," katanya.

Baca juga : Pakar: Deklarasi Anies Capres 2024 Untuk Tes Ombak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement