Kamis 14 Oct 2021 09:20 WIB

Danrem 031/WB: Datuk Seri Al Azhar Tokoh Panutan Melayu

Almarhum Datuk Seri Al Azhar memperjuangkan kebesaran Melayu di mana pun berada.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Danrem 031/Wira Bima, Brigjen M Syech Ismed.
Foto: Dok Pemprov Riau
Danrem 031/Wira Bima, Brigjen M Syech Ismed.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Danrem 031/Wira Bima, Brigjen M Syech Ismed melepas dan menshalatkan jenazah almarhum Datuk Seri Al Azhar di Masjid Raya Annur, Kota Pekanbaru pada Rabu (13/10), untuk selanjutnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Air Dingin.

"Datuk Seri Al Azhar adalah sosok tokoh Riau yang menjadi panutan bagi masyarakat Riau. Beliau sosok yang peduli dengan adat, kesejahteraan masyarakat sesuai kemajuan daerah," kata Syech Ismed usai menshalatkan jenazah almarhum di Masjid Raya Annur, Rabu.

Datuk Seri Al Azhar, kata Syech, pernah memperjuangkan kebesaran Melayu di mana pun berada. Perjuangan almarhum sangat luar biasa dan terbukti mengangkat marwah Melayu maupun masyarakat Melayu di Riau.

"Sekali lagi, saya yang juga sebagai Putra Riau mengucapkan selamat jalan tokoh kebanggaan masyarakat Riau. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik disisinya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan serta ketabahan," katanya.

Alamrhum merupakan budayawan, sastrawan, dan Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau masa khidmat 2017-2022. Datuk Seri Al Azhar wafat Rumah Sakit Awal Bros, Kota Pekanbaru pada Selasa (13/10) pukul 22.04 WIB.

Jenazah Datuk Seri Al Azhar sebelum dishalatkan di Masjid Raya Annur, terlebih dulu disemayamkan di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. Prosesi tersebut dilakukan sebagai penghormatan terakhir bagi almarhum yang sehari-hari juga menjabat sebagai Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar saat prosesi pelepasan mengatakan, Datuk Seri Al Azhar telah berkhidmat atau berjuang untuk LAMR selama 24 tahun. Balai Adat adalah tempat keseharian almarhum. Dalam kesempatan tersebut, Syahril mengajak seluruh pengurus LAMR untuk melanjutkan perjuangan almarhum.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar juga sudah melayat kerumah duka almarhum Datuk Seri Al Azhar di Jalan Sei Mintan, Kecamatan Bukit Raya, Rabu. Syamsuar mendoakan almarhum serta keluarga yang ditinggalkan.

"Kami sekeluarga dan atas nama pemerintah daerah menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Datuk Seri Al Azhar. Semoga almarhum ditempatkan ditempat yang terbaik disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement