Rabu 22 Sep 2021 14:20 WIB

Top 5 News: Brigjen Junior Surati Kapolri, KPK Panggil Anies

.Berita dugaan penyerobotan tanah oleh PT Ciputra masih jadi isu panas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK usai menjalani pemeriksaan  di Jakarta, Selasa (21/9). Anies diperiksa selama 5 jam dengan sembilan pertanyaan dari penyidik KPK sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur tahun 2019 dengan tersangka Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan.Republika/Thoudy Badai
Foto:

2. Anies Dipanggil KPK, Wagub DKI Singgung Kasus HRS

JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku, pihaknya belum mengetahui detail pemanggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. Tetapi, dirinya yakin jika Prasetio dan Anies akan taat pada hukum.

"Pak Pras sudah pernah dipanggil, Pak Anies juga dulu bersama saya waktu kasus Habib Rizieq dipanggil. Kami taat ya," ujar Riza saat ditemui di Balai Kota, Senin (20/9).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Menurutnya, pihak eksekutif dan legislatif akan taat pada proses hukum apa pun. Jika dibutuhkan, katanya, klarifikasi juga akan diberikan.

"Prinsipnya kami meyakini, kami tidak terlibat dalam kasus yang sedang ditangani KPK terkait kasus tanah ya," tutur dia.

Ditanya apakah Anies dan Prasetio akan menghadiri pemanggilan KPK itu, dia mengaku, belum mengetahuinya. Menurut Riza, pihaknya akan kembali mengecek informasi tersebut.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Sejarah Hari Ini: Gempa Bumi Taiwan Renggut Ribuan Nyawa

TAIPEI -- Pada 21 September 1999 pukul 01.47, Taiwan dilanda gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,6. Bencana alam tersebut berpusat 150 kilometer selatan Taipei, Taiwan atau di sepanjang pantai barat dekat Nantou dan Taichung.

Seperti dilansir laman History, Selasa (21/9), terdapat lima gempa susulan berkekuatan setidaknya 6,0 skala richter dalam 30 menit setelah gempa besar. Laman Britannica mencatat korban tewas akibat gempa 2.400 jiwa. Sementara sekitar 10 ribu orang terluka. Gempa juga menyebabkan 10 ribu rumah rusak dan membuat 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa Taiwan.

Bangunan di seluruh pulau terbukti rentan. Sebuah hotel 12 lantai di Taipei hancur total. Sebuah bangunan 14 lantai di Dongshi juga hancur. Gempa tersebut mengungkap fakta bahwa banyak konstruksi yang buruk telah terjadi selama 'ledakan' konstruksi Taiwan pada 1990-an. Daerah yang paling parah terkena adalah Tungshih, di mana hampir setiap bangunan rusak dan 60 ribu rumah terputus aliran listrik dan teleponnya.

Kerusakan di seluruh negeri sangat nyata kala itu. Demografi wilayah juga berubah akibat gempa. Sebuah air terjun baru muncul seketika di sungai dekat jembatan yang runtuh, beberapa kuil Buddha runtuh dan, di ibu kota Taipei, terjadi banyak kebakaran. Karena gempa telah menyebabkan perpindahan vertikal tanah hingga 26 kaki di beberapa tempat, bukit-bukit kecil baru terbentuk secara tiba-tiba di pedesaan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement