Kamis 16 Sep 2021 21:10 WIB

Mengenal Pentingnya Keamanan Internet

Melesatnya teknologi mendorong pengawasan ekstra ketat terhadap keamanan internet

Septian Rheno Wd/Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Trainer & Praktisi Cyber Security
Foto:

Kerusakan Komputer

Menjaga keamanan komputer berarti melindungi komputer dari kerusakan, beberapa peretas terkadang lebih tertarik akan hal yang mengakibatkan kerusakan dari perangkat korbannya, daripada mencuri informasi pribadi. Virus komputer, trojan dan perangkat lunak berbahaya merupakan contoh masalah yang sangat mengganggu untuk para pengguna komputer.

Beberapa virus atau perangkat lunak berbahaya dibuat untuk memperlambat kinerja komputer, membuat komputer tidak dapat menangani request secara bersamaan dalam satu waktu. Meskipun beberapa virus, trojan dan malware terkadang disusupi oleh code yang memungkinkan peretas untuk masuk ke komputer korbannya.

Serangan virus tidak hanya mempengaruhi kinerja komputer, tetapi dapat juga mengganggu komunikasi dan layanan apabila terjadi di perusahaan atau pemerintahan. Jika perusahaan atau pemerintahan tidak siap menangani serangan tersebut, dapat dipastikan pelayanan dari perusahaan atau pemerintahan akan terganggu hingga serangan tersebut dapat diperbaiki sehingga kembali ke kondisi normal.

Cara Proteksi Diri dari Ancaman Siber

Beberapa cara dapat dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan komputer atau laptop yang digunakan, salah satunya dengan membeli program antivirus untuk melindungi komputer atau laptop dari ancaman virus dan trojan. Anda juga dapat menggunakan program anti-spyware atau anti-malware untuk melindungi dari pelacakan, spyware dan perangkat lunak yang tidak aman.

Penggunaan firewall juga dapat dijadikan alternatif untuk mengantisipasi serangan siber dan pelacakan lokasi Anda, yang paling penting adalah perilaku Anda sebagai user. Bijaklah menggunakan media online atau beraktivitas online. Pelaku sangat menyukai user yang lemah dalam arti belum memahami metode pelaku dan juga dampak dari tindakan kejahatan siber.

Mencegah Kejahatan Siber

Berbicara perihal kejahatan siber, maka tidak terlepas dari tindakan penipuan, spam, pencurian identitas, virus komputer dan worm, cyber stalking, perdagangan narkoba, prostitusi online, predator seksual, malware, spyware, phishing dan bentuk lain dari kejahatan siber.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement