Kamis 02 Sep 2021 08:26 WIB

Vaksinasi Door to Door Presiden dan BIN Diapresiasi

Kepala BIN dan Jokowi melakukan program vaksinasi Door to Door

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, saat meninjau vaksinasi lanjutan untuk para pelajar dan warga secara door to door di SMP 11 Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/8).
Foto: BIN
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, saat meninjau vaksinasi lanjutan untuk para pelajar dan warga secara door to door di SMP 11 Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan belum lama ini melakukan program vaksinasi door to door kepada masyarakat. Langkah kedua tokoh ini pun diapresiasi oleh Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens.

Menurut Boni, presiden dan kepada BIN turun langsung ke tengah masyarakat untuk mengendalikan pandemi Covid-19, sehingga patut untuk diapresiasi. "Di tengah pandemi yang mencekam, Presiden Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan justru turun ke tengah masyarakat untuk melakukan program vaksinasi door to door," ujar Boni di Jakarta, Rabu (1/9).

Baca Juga

Tidak hanya di DKI Jakarta, kata Boni, BIN juga melakukan aksi sosial ini di hampir semua kota besar di Pulau Jawa dan akan diteruskan ke daerah-daerah lain di luar Jawa. Menurut Boni, hal tersebut merupakan bukti komitmen moral dan political will yang kuat dan tulus untuk menolong warga.

"Ketika banyak suara oposisi yang nyinyir terhadap pemerintah, BIN justru bekerja dalam senyap untuk menekan laju pemaparan Covid-19," ucapnya.

Boni menilai, BIN benar-benar memberikan teladan pengabdian yang langka dan mahal. Ketika banyak elit politik sibuk mendiskusikan Pilpres 2024, kata Boni, Kepala BIN justru fokus bekerja meski harus bertarung dengan virus yang mematikan.

"Dalam banyak hal, Pak BG mirip dengan kepribadian Presiden Jokowi yang mendahulukan kerja daripada berwacana," katanya.

Karena itu, tambah Boni, para politisi yang lain seharusnya bisa meniru teladan Presiden Jokowi dan kepala BIN Budi Gunawan yang jarang bicara tetapi banyak bekerja. Menurut dia, banyak pemimpin dunia yang juga bekerja keras di tengah pandemi tetapi tidak banyak yang seperti Presiden Jokowi.

"Kanselir Jerman Angela Merkel juga fokus dan bekerja efektif melawan pandemi tetapi dia tidak banyak blusukan. Presiden AS Joe Biden juga begitu serius mengurus negaranya di tengah pandemi tetapi Joe tidak sampai ke desa-desa menyapa rakyatnya yang terpapar Covid-19," jelas Boni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement