Kamis 02 Sep 2021 02:30 WIB

Wakil Ketua MPR: Amendemen UUD Perlu Libatkan Elemen Bangsa 

Partisipasi harus dibuka untuk respons wacana amendemen UUD 1945.

Partisipasi harus dibuka untuk respons wacana amendemen UUD 1945. MPR RI selaku lembaga yang berkewenangan mengamendemen UUD 1945 (ilustrasi).
Foto:

Tenaga ahli Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI, Firdaus Usman, berpendapat berbagai forum kajian sangat penting digelar untuk menguji setiap gagasan, termasuk wacana amandemen UUD 1945 ini. 

Hal yang harus diperhatikan dalam proses itu, menurut Firdaus, adalah spirit yang melatari setiap gagasan amandemen konstitusi tersebut.

Mengutip pendapat Presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, Firdaus mengungkapkan, bahwa konstitusi dihadirkan untuk membatasi syahwat terhadap kekuasaan dan yang memiliki kekuasaan dalam proses politik di sebuah negara adalah partai politik. 

Persoalan yang kita hadapi saat ini, jelasnya, adalah oligarki partai politik yang menguasai sistem bernegara. 

Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI, Taufik Basari, mengungkapkan Fraksi NasDem MPR RI hingga saat ini belum melihat ada urgensi untuk mengamandemen UUD 1945. 

Alasannya, jelas Taufik, antara lain kajian terhadap usulan PPHN dimasukkan pada salah satu pasal UUD 1945, dinilai belum mendalam dan saat ini masyarakat masih dihadapkan pada ancaman pandemi Covid-19. 

Baca juga : PBB: Presiden akan Lanjutkan Pemindahan Ibu Kota

Pengamat hukum tata negara dan Dosen Fakultas Hukum UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Iin Ratna Sumirat berpendapat, amandemen terhadap konstitusi di masa lalu juga masih banyak meninggalkan problem saat ini. 

Berdasarkan kondisi tersebut, Iin berpendapat, pentingnya hikmah kebijaksanaan dimiliki para pemangku kepentingan  di negeri ini dalam menjalankan amanah konstitusi. 

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun berpendapat sejak amandemen dilakukan di masa lalu ada tiga kelompok yang biasanya merespons, yaitu kelompok yang puas terhadap amandemen tersebut, kelompok yang ingin kembali kepada UUD 1945 versi PPKI dan kelompok yang masih menginginkan amandemen karena dinilai masih ada kekurangan dari hasil amandemen UUD 1945.

Terakhir, ujar Refly, bahkan muncul kelompok yang menginginkan amandemen yang terbatas. Refly sepakat terhadap upaya amandemen UUD 1945, sepanjang tujuan amandemen itu untuk memperkuat pondasi ketatanegaraan. 

Namun, ujarnya, bila upaya amandemen itu melemahkan konstitusi kita sebagai landasan bernegara, sebaiknya tidak perlu dilakukan.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement