Jumat 27 Aug 2021 08:17 WIB

Memori tentang KH Ahmad Dahlan di Majalah Pandji Masjarakat

KH Ahmad Dahlan dikenal sebagai pembaharu Islam.

Memori tentang KH Ahmad Dahlan di Majalah Pandji Masjarakat. KH Ahmad Dahlan dengan para siswa di Langgar Kidul Kauman, Yogyakarta. Di sini para haji sekaligus lulusan sekolah di Makkah dan merupakan abdi dalem kraton menjadi pelopor pergerakan Islam moderen.
Foto:

Ini juga dikonfirmasi oleh judul artikel biografis ini: ‘Kenangan Hari Wafat ke-37: Kijai Hadji Ahmad Dahlan dan Pembaruan Pembangunan Islam, 23 Pebruari 1923-23 Pebruari 1960’. Ditulis oleh salah satu anggota redaksi, Yusuf Abdullah Puar, artikel ini mendapatkan tempat sebanyak hampir tiga halaman, cukup banyak untuk ukuran sebuah majalah 32 halaman.

Di salah satu halamannya tampak foto Kyai Dahlan dengan pakaian yang membuatnya menjadi ikonik (serban gelap dan beskap putih). Foto ini diberi keterangan (caption): ‘K.H. Ahmad Dahlan pendiri perserikatan Muhammadijah, beliau beramanat: “Aku titipkan Muhammadijah padamu”’.

Yusuf Abdullah Puar melihat bahwa kedua tokoh Islam Indonesia ini (H.O.S. Tjokroaminoto dan K.H. Ahmad Dahlan) sebagai ‘putera Indonesia jang amat berdjasa bagi pembaruan, pembangunan dan perdjuangan Islam di Indonesia’ dan ‘dwitunggal pedjuang dan patriot Islam’. Menurut Puar, keduanya sama-sama menyadari bahwa kondisi umat Islam Indonesia pada masa kolonial berada pada fase yang buruk.

Perbedaannya, lanjut Puar, ialah, sementara H.O.S. Tjokroaminoto melihat kelemahan itu sebagai akibat dari dominasi politik dan ekonomi asing, Kyai Dahlan memandang bahwa ada sesuatu yang lebih fundamental yang telah runtuh di kalangan umat Islam, yang membawa mereka pada kemunduran.

Selepas itu, sang penulis menguraikan titik-titik kisar penting di dalam kehidupan Kyai Dahlan dalam relasinya dengan Muhammadiyah, yang bisa dibagi ke dalam tiga unsur. Pertama, kiprah Kyai Dahlan sebelum mendirikan Muhammadiyah.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement