Rabu 18 Aug 2021 11:10 WIB

OK OCE Kemanusiaan Bedah Kemasan UMKM

Program Bedah Kemasan (BEDAKAN) merupakan salah satu program dari OK OCE

Launching program BEDAKAN dilakukan bersama Indra Uno, Founder OK CE
Foto:

Harapan dilaksanakannya program ini menurut Iim Rusyamsi, Ketua umum OK OCE Indonesia ialah agar setiap peserta pelaku UMKM dapat merasakan pentingnya branding produk melalui kemasan yang menarik, baik secara desain, ketahanan melindungi produk, dan karakteristik dari produk di dalamnya masing-masing.

Arwan Siregar, Owner depokemasan.id, memaparkan bahwa kemasan dinilai penting berdasarkan empat aspek yaitu collection, convenience, communication, dan protection

Aspek collection berkaitan dengan kemampuan kemasan untuk mewadahi suatu produk agar tidak tercecer atau tumpah. Kemudian, kemasan pun harus memenuhi kenyamanan atau kemudahan (convenience) penggunaan bagi konsumen.

Selain itu, kemasan perlu memuat suatu informasi atau komunikasi mengenai produk didalamnya, bahan dari produk, dan perusahaan yang memproduksi. Untuk aspek yang terakhir ialah protection, dimana kemasan harus melindungi dan mengawetkan produk di dalamnya dari segala kerusakan. 

Kontribusi biaya suatu perusahaan terhadap pembelian kemasan untuk produk yang akan dijual cenderung rendah, namun kemasan ini dapat mempengaruhi performansi produk yang dijual dan citra perusahaan. Terdapat hubungan keterkaitan antara kemasan dengan seluruh lini departemen dari perusahaan. Hal ini dikarenakan oleh kemasan akan berubah menjadi waste (sampah) ketika penggunaan suatu produk telah berakhir. 

Arwan Siregar menambahkan bagaimana cara memilih kemasan untuk produk yang akan dijual. Pemilihan kemasan produk ini harus memberikan kenyamanan bagi Brand Owner dan Konsumen, dimana harus terdapat 8 fitur yang ada harus diperhatikan, seperti Use, Display, Reclosing, Stacking, Distribution, Dispensing, Opening, dan Handling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement