Rabu 18 Aug 2021 08:49 WIB

Indonesia Tangguh: Makna Tersirat di Balik Sebuah Tema

Kita harus optimistis menyikapi masa pandemi dengan berupaya terus berkembang.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengajak masyarakat Babel dengan persatuan dalam menghadapi pandemi, ditambah bersikap saling mengingatkan dan mendukung, dirinya meyakini segala permasalahan dapat teratasi.
Foto: istimewa
Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengajak masyarakat Babel dengan persatuan dalam menghadapi pandemi, ditambah bersikap saling mengingatkan dan mendukung, dirinya meyakini segala permasalahan dapat teratasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG--Itulah makna Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang menjadi tema HUT Ke-76 RI di mata Gubernur Babel Erzaldi Rosman, yang menyiratkan pesan optimisme dibalik tema tersebut.

Hal tersebut disampaikan saat mengikuti upacara Peringatan HUT ke-76 detik-detik Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta secara Virtual, Selasa ( 17/8), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel

Dengan momentum peringatan HUT RI ini juga gubernur mengajak masyarakat untuk kembali mengobarkan semangat merah putih, seperti yang telah dilakukan para pejuang kita dengan mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Negara Indonesia."Sesuai dengan yang dicita-citakan semangat perjuangan The Founding Fathers bangsa besar ini untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa, kita harus terapkan disaat pandemi ini," jelasnya.

Menurut orang nomor satu di Babel itu, dengan persatuan dalam menghadapi pandemi, ditambah bersikap saling mengingatkan dan mendukung, dirinya meyakini segala permasalahan dapat teratasi."Baik kekompakan antar penyelenggara negaranya maupun kekompakan antar masyarakatnya, ini penting mengingat tantangan kedepan sangat beragam," katanya.

Menyikapi penerapan PPKM di Babel, gubernur berpendapat jikalau masyarakat mematuhi penerapan aturan secara patuh maka aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti sedia kala, karena tujuan itu semua guna menekan laju penularan Covid-19, serta mengendalikan kapasitas rumah sakit yang menangani pasien agar tidak over capacity. 

Selain penerapan PPKM, Pemprov. Babel saat ini sedang menggencarkan proses vaksinasi dan penerapan isoter bagi pasien terpapar Covid-19."Sudah banyak contohnya, seperti DKI Jakarta dengan kedisplinan masyarakatnya membuat kasus Covid-19 di ibukota tersebut saat ini menurun. Maka, saya meminta untuk masyarakat Babel, tahan nafsu kita sebentar, ini semua untuk melandaikan kasus Covid-19 di wilayah kita," katanya.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-76 RI berlangsung khidmat. Dan tepat pukul 10.17 WIB, seluruh masyarakat menghentikan sejenak kegiatan dan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi. 

Peringatan detik-detik proklamasi juga turut dimeriahkan oleh delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat helikopter TNI, dimana delapan pesawat tempur F-16 melakukan flypast atau atraksi terbang bebas. Sementara enam pesawat helikopter melakukan penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung yang mengibarkan bendera Merah-Putih ukuran raksasa.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Asops Kosekhanudnas II Makassar Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Turut hadir mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI diantaranya Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Kapolda Babel Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung Widyanto, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Danlanud Babel Letkol NAV Rudi Hartono, Sekda Babel Naziaro, Kajati Babel Daroe Tri Sadono, beserta para istri jajaran Forkopimda Babel.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement