Ahad 15 Aug 2021 18:54 WIB

Menkes ke Premier Bintaro Bahas Vaksin dan Resmikan Klinik

Kata dokter spesialis kulit, hilangkan tato pakai laser adalah prosedur yang aman.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Ahad (15/8).
Foto: Dok
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Ahad (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Ahad (15/8). Dalam kunjungannya, Budi mengatakan, sebanyak 70 persen warga Tangsel harus divaksinasi.

"Warga Tangerang Selatan ini ditargetkan harus 70 persen divaksinasi dosis pertama dari target utama," ujar Budi di RS Premier Bintaro. Selain itu, ia sekaligus meresmikan pembukaan layanan skin and laser clinic RS Premier Bintaro

Sementara itu, dokter spesialis kulit dan kelamin RS Premier Bintaro, Amaranila Lalita Drijono, menjelaskan, praktik menghilangkan tato menggunakan laser adalah prosedur yang aman.

"Tingkat keamanannya tinggi asal dilakukan oleh dokter yang kompeten dan sesuai bidangnya serta menguasai alat laser itu sendiri," kata Amaranila usai Menkes meresmikan skin and laser slinic RS Premier Bintaro pada Minggu.

Meski demikian, kata Amaranila, memang perlu ada perawatan khusus setelah tindakan laser. Menurut dia, perawatan pascatindakan itulah yang penting. "Oleh sebab itu sebelum tindakan harus ada konsultasi, dievaluasi apakah pasien itu kandidat yang baik untuk prosedur itu," kata Amaranila.

Dia menyebut, setidaknya sampai enam bulan usai tindakan sehingga tato benar-benar bisa hilang. Dengan tindakan dan perawatan setelahnya yang baik, sambung dia, jaringan kulit tidak akan rusak.

"Laser hanya bekerja kalau ada targetnya, misal targetnya adalah pigmen kulit untuk hilangkan tato, maka pilih panjang gelombang khusus untuk pigmen, ini sangat spesifik," kata Amaranila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement