Kamis 05 Aug 2021 12:17 WIB

Hikmah Masukkan Air ke Hidung Saat Berwudhu: Mencegah Covid

Berwudhu bisa mencegah terpapar Covid-19.

Beristinsyaq saat berwudhu menyimpan begitu banyak manfaat, salah satunya mengeluarkan kotoran di dalam hidung.
Foto:

Tahukah kita berapa banyak anggaran negara yang harus keluar untuk menanggulangi Covid-19 ini. Virus corona resmi masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020. Sampai dengan Juli 2021 atau selama satu tahun empat bulan Negara sudah mengeluarkan anggaran lebih dari Rp 1.300 triliun.

Itu baru dari APBN, belum dari APBD provinsi dan APBD kabupaten dan kota. Belum lagi kerugian yang harus diderita oleh masyarakat dan para pengusaha. Dengan fakta-fakta ini semua masihkah kita akan mengatakan, “Ah itu kan cuma amal sunnah”.

Selain sebagai salah satu cara membersihkan rongga hidung kita dari kotoran, bakteri dan viruas, beristinsyaq juga merupakan salah satu cara untuk melepaskan ikatan setan yang mengikat diri kita kita pada saat kita tidur. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Nabi shallallahu alaihi wasallam menjelaskan pada saat manusia tidur maka tubuhnya akan dihinggapi atau diikat oleh tiga setan.   

Dari Abu Hurairah RA, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda bahwa setan mengikat tengkuk salah seorang diantara kalian pada saat sedang tidur dengan tiga ikatan. Setan mengencangkan ikatan tersebut sambil berkata malam masih panjang maka lanjutkanlah tidurmu.

Jika dia bangun dan kemudian berzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala maka akan lepaslah satu ikatan. Jika kemudian dia berwudhu maka akan lepas ikatan yang ke dua. Dan jika dia melakukan shalat maka akan lepaslah ikatan ketiga. Dengan begitu pada pagi harinya dia akan merasakan jiwa yang semangat dan rasa tentram. Akan tetapi jika dia tidak melakukan itu maka ia akan merasakan malas dan tidak tentram.

Dalam hadis yang lain dari Abu Hurairah RA, Nabi shallallahu alaihi wasallam menjelaskan, "Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya maka hendaklah dia berwudhu lalu beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) sebanyak tiga kali karena setan bermalam di batang hidungnya (HR Bukhori)."

Manfaat ketiga dari beristinsyaq adalah sebagai salah satu penyempurnaan wudhu. Dengan wudhu yang sempurna maka seorang boleh memilih masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.

Dalam sebuah hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam menjelaskan siapa yang berwudhu lalu dia menyempurnakan wudhunya kemudian dia membaca "asyhaduan la ilaha illallohu wahdahu lasyarikalah wa asyhadu anna Muhammadan Abduhu wa rosuluhu allohummaj'alni minattawabina waj'alni minal mutathohhirin", maka akan dibukakan baginya delapan pintu surga dan dia boleh masuk melalui pintu mana saja yang ia inginkan (HR Tirmizi).

Wallahu a’lam bishawwab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement