Sabtu 17 Jul 2021 19:39 WIB

800 Santri di Kota Tangerang Divaksinasi

Vaksinasi bagi santri merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan kelompok.

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Para santri memperlihatkan kartu vaksinasi Covid-19
Foto: ANTARA/Ampelsa
Para santri memperlihatkan kartu vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melakukan vaksinasi bagi 800 santri di Pondok Pesantren Daarul Qur’an, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (17/7). Kegiatan itu dilakukan seiring dimulainya vaksinasi bagi pelajar berusia 12 hingga 17 tahun di Kota Tangerang sejak Kamis (15/7).

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menuturkan, vaksinasi bagi santri merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. Targetnya, vaksinasi merambah hingga 70 persen dari total masyarakat Kota Tangerang pada Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga

“Agar seluruh masyarakat, termasuk pelajar dan santri juga mendapat vaksin,” ujar Sachrudin saat meninjau lokasi vaksinasi santri di Ponpes Daarul Qur’an Kota Tangerang, dikutip dalam keterangannya, Sabtu (17/7).

Dia mengatakan, vaksinasi bagi santri juga dilakukan sebagai upaya kesiapan dalam menyongsong pembelajaran tatap muka (PTM) yang sempat tertunda pada rencana awal di bulan ini. Meskipun diketahui, hingga saat ini PTM masih belum jelas kapan waktunya untuk kembali diberlakukan, vaksinasi tetap dinilai sebagai upaya kesiapan. “(Dengan dilakukan vaksinasi) kegiatan belajar mengajar diharapkan bisa kembali secara normal,” tuturnya.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Deonijiu De Fatima yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan bahwa vaksinasi itu bertujuan untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19 terhadap para santri. Sebab, santri merupakan kalangan yang berinteraksi dengan cukup banyak orang.

“Supaya santri di sini bisa mendapat kekebalan, karena mereka sering kontak dengan guru-guru atau orang umum yang masih beraktivitas di luar,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement