Jumat 16 Jul 2021 16:35 WIB

Kampus Harus Punya Entrepreneur Center

BSI Entrepreneur Center (BEC) merupakan wadah pengembangan kewirausahaan

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyediakan lembaga khusus untuk para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha, yaitu BSI Entrepreneur Center.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyediakan lembaga khusus untuk para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha, yaitu BSI Entrepreneur Center.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Orientasi mahasiswa setelah lulus kuliah adalah bekerja. Akan tetapi, mahasiswa tentunya juga mempunyai minat lain yang menjadi passionnya, salah satunya adalah berwirausaha. Di dalam suatu Perguruan Tinggi tentunya harus ada lembaga yang mendukung minat yang dimiliki oleh tiap-tiap mahasiswanya.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyediakan lembaga khusus untuk para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha, yaitu BSI Entrepreneur Center. BSI Entrepreneur Center (BEC) merupakan wadah atau lembaga pengembangan kewirausahaan yang disediakan oleh Universitas BSI. BEC berusaha untuk menciptakan dan membentuk calon-calon entrepreneur muda Universitas BSI yang peduli, kreatif, dan mandiri.

Menurut Koordinator BEC Universitas BSI kampus Tasikmalaya, Recha Abriana Anggraini, BEC memiliki berbagai program kerja sebagai pendukung untuk memfasilitasi mahasiswa. “Program-program kerja dari lembaga ini antara lain seminar/talkshow entrepreneurship, workshop product, coaching system business, open table, kompetisi wiramuda BSI, BSI entrepreneur expo, online business consulting, dan komunitas bisnis BSI,” pungkas Recha, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, melalui BEC, mahasiswa akan diberikan pelatihan-pelatihan khusus yang langsung dipandu oleh praktisi bisnis profesional. “Selain memberikan pelatihan kepada para mahasiswanya, BEC juga memberikan pelatihan-pelatihan terhadap dosen yang mengampu mata kuliah Entrepreneurship. Salah satu pelatihan yang diberikan adalah program remote coaching bersama PUM Netherlands Senior Expert,” ujarnya.

Ia menyebutkan, BEC juga aktif mendukung mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi bisnis seperti KIBM. Bahkan setiap tahunnya BEC juga selalu mengadakan kompetisi bisnis bertajuk Wiramuda Business Competition.

“Selain membina dan memberikan pelatihan serta diajukan ke kompetisi-kompetisi berskala internal sampai dengan Nasional. BEC juga mengarahkan mahasiswa yang telah mempunyai usaha untuk tergabung dalam Incubator Center Universitas BSI. Hal ini bertujuan agar bisnis yang mereka geluti bisa semakin berkembang lebih baik dan naik kelas,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement