Jumat 16 Jul 2021 14:55 WIB

Pentingnya Mekatronika di Industri Sektor Produksi

Pemahaman dan penguasaan di bidang mekatronika menjadi harapan baru.

Program Studi (prodi) Teknik Elektro Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar webinar dengan tema “Aplikasi Mekatronika di Dunia Industri Berbasis KNX”. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (30/6) silam dengan menghadirkan Tri Winahyu Hariyadi, MT yang merupakan International KNX Certified Tutor for Automation PT Green Controls Technologi Indonesia.
Foto:

Menurutnya ada beberapa manfaat dalam penerapan mekatronika. Pertama untuk meningkatkan fleksibilitas mesin dengan menambahkan fungsi-fungsi baru.

“Seperti contohnya dalam lengan robot industri. Bisa melakukan berbagai jenis pekerjaan dengan merubah program perangkat lunaknya. Ini menjadi faktor utama yang memungkinkan proses produksi produk bisa beraneka ragam,” jelasnya.

Sedangkan yang kedua bisa meningkatkan kehandalan yang bisa mengurangi berbagai jenis masalah yang sering terjadi pada mesin-mesin konvensional.

Terakhir bisa meningkatkan presisi dan kecepatan. “Pada mesin-mesin konvensional (manual) sebagian besarnya menggunakan komponen mesin sebagai pengendali gerak. Dengan Mekatronika bisa meningkatkan presisi dan kecepatan pada mesin,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement