Jumat 02 Jul 2021 11:55 WIB

Mahasiswa UBSI Tingkatkan Kecintaan Terhadap Alquran

UKM Kerohanian Islam UBSI gelar lomba MTQ bagi mahasiswa

UKM Kerohanian Islam Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini bertajuk ‘Membangun Generasi Muda yang Unggul Dalam Bidang Al-Qur’an’, dengan acara puncak pada Ahad 27 Juni 2021 silam.
Foto: UBSI
UKM Kerohanian Islam Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini bertajuk ‘Membangun Generasi Muda yang Unggul Dalam Bidang Al-Qur’an’, dengan acara puncak pada Ahad 27 Juni 2021 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- UKM Kerohanian Islam Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini bertajuk ‘Membangun Generasi Muda yang Unggul Dalam Bidang Alquran’, dengan acara puncak pada Ahad 27 Juni 2021 silam.

Pembina UKM Kerohanian Islam Universitas BSI, Irwin Ananta Vidada, pelaksanaan lombanya pada 11 April hingga 27 Juni 2021. Dalam kegiatan puncak, berisi pengumuman peserta terbaik dari setiap cabang lomba.

“Acara puncak ini berlangsung secara daring melalui zoom untuk mengurangi penyebaran virus covid-19,” tutur Irwin, Selasa (27/6).

Garin Dwi Nugraha selaku ketua pelaksana lomba MTQ mengatakan bahwa lomba ini diperuntukkan untuk mahasiswa/i aktif Universitas BSI se-Indonesia.

“Diharapkan lomba ini dapat meningkatkan kecintaan mahasiswa Universitas BSI terhadap Alquran,” ujar Garin.

Ia menyebutkan, peserta yang sudah mengirimkan video rekaman masuk proses seleksi oleh dewan juri yang kompeten. Kemudian dipilih empat peserta terbaik untuk diajak pada acara puncak ini.

“Proses penyeleksian melalui penilaian oleh dewan juri dengan menggunakan tujuh kriteria penilaian. Adapun penilaiannya yakni Makhorijul Khuruf, Shifatul Khuruf, Mara’atul Khuruf wal harokah, Adabut Tilawah, Keutuhan tempo dan bacaan, pengaturan nafas serta Tamamul Qiro’ah,” jelasnya.

Ia mengatakan, berdasarkan penilaian tersebut, keluarlah juara 1 lomba Tilawatil Qur’an oleh Ahmad Hudori dari Universitas BSI kampus Karawang. Sedangkan untuk juara 2 Dina Sofia Fasya Dilla dari Universitas BSI kampus Cikarang.

“Sementara untuk juara 1 Lomba Tartil Qur’an yaitu Ari Zahari dari Universitas BSI kampus Cikampek. Sedangkan untuk juara 2 keduanya yakni Siti Wardah dari Universitas BSI kampus Cikarang,” bebernya.

Keempat juara memperoleh uang pembinaan dari Universitas BSI dan akan mewakili kampus dalam ajang Lomba MTQ tingkat Nasional. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemenristekdikti.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas terselenggaranya lomba MTQ bekerja sama dengan UKM Kerohanian Islam ini berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk terus meningkatkan kepribadian sesuai tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunah,” ungkapnya.

Garin berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa Universitas BSI semakin dalam melebarkan sayap prestasinya. Tentunya bukan hanya pada bidang teknologi, namun mampu bersaing dalam bidang keagamaan seperti lomba MTQ ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement