Rabu 30 Jun 2021 00:43 WIB

Pasokan Tabung Oksigen di Sleman Diklaim Aman

Kadinkes Sleman menegaskan persediaan tabung oksigen mencukupi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Christiyaningsih
Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis. Ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sleman yang meningkat signifikan menyebabkan penuhnya ruang isolasi rumah sakit, terutama ruang perawatan intensif. Atas kondisi itu, kelangkaan tabung oksigen sempat jadi perbincangan masyarakat.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan (Kadineks) Kabupaten Sleman Joko Hastaryo menekankan, sampai saat ini persediaan tabung oksigen RS-RS di Sleman masih cukup aman. Hanya ada dua sampai tiga rumah sakit yang pernah mengeluhkan kekurangan oksigen tapi cepat teratasi.

Baca Juga

"Sejauh ini sepanjang yang kami monitor tidak ada yang sampai kekurangan oksigen," kata Joko dalam konferensi pers yang diselenggarakan Pemkab Sleman, Selasa (29/6).

Direktur RSUD Sleman Cahya Purnama mengatakan untuk oksigen dalam kondisi normal biasanya membutuhkan sekitar 40 tabung untuk satu hari. Namunia mengakui, ketika terjadi lonjakan kasus Covid-19 terjadi pula lonjakan kebutuhan menjadi 90-100 tabung.

Kebutuhan untuk oksigen liquid juga saat ini mengalami kenaikan sampai dua kali lipat karena penyedia juga harus memenuhi kebutuhan rumah sakit lain. Namun, ia meminta untuk senantiasa memenuhi persediaan dari penyedia tabung oksigen lain.

"Jadi setiap hari kita memang terus berkeliling untuk menambahi persediaan, tapi sampai saat ini masih bisa dikatakan aman," ujar Cahya.

Direktur RSUD Prambanan, Isa Dharmawidjaja, menuturkan persediaan oksigen masih bisa tercukupi untuk satu pekan ke depan. Karenanya, ia berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang luar biasa seperti pekan-pekan lalu.

Selain itu, persediaan oksigen liquid sudah terisi dan masih ada cadangan untuk setidaknya satu pekan. Kini mereka juga menggunakan tiga penyedia tabung oksigen dan menambah pengadaan 20 tabung untuk menambah persediaan minimal.

"Untuk oksigen selama ini kita lancar, bahkan empat rumah sakit swasta lain kita saling membantu. Solidaritas rumah sakit ini cukup diacungkan jempol," kata Isa.

Sepanjang Juni 2021, Sleman sudah mencatat 5.587 kasus positif dengan 127 kasus meninggal. Ini angka tertinggi sejak Januari sebanyak 3.334 kasus, lalu menurun pada Februari, meningkat sedikit Maret dan April, dan mulai naik lagi pada Mei 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement