Kamis 24 Jun 2021 21:52 WIB

90 Persen Tempat Tidur RSUP Persahabatan untuk Pasien Covid

RSUP Persahabatan hanya menerima rujukan kasus yang berat dan kritis.

90 Persen Tempat Tidur RSUP Persahabatan untuk Pasien Covid. Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).
Foto:

"Ini bertahap karena perubahan ruangan perawatan yang biasa menjadi ruangan isolasi tentu saja membutuhkan teknis-teknis agar ruangan itu memenuhi persyaratan isolasi," kata Syahril.

Seperti halnya di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan pun membutuhkan tambahan tenaga, terutama tenaga perawat dan dokter. "Kami membutuhkan tambahan 150 perawat dan 14 dokter," kata Syahril.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso itu juga menyampaikan harapannya agar kelak mereka yang dirujuk ke RSUP Persahabatan hanya pasien dengan kondisi gejala sedang hingga berat. Jangan sampai karena begitu paniknya masyarakat dengan lonjakan kasus ini, lalu sebagian besar masyarakat mengunjungi langsung kedua rumah sakit tersebut ketika gejala penyakit yang dirasa masih ringan menuju sedang.

"Jangan yang baru gejala ringan tahu-tahu dibawa ke rumah sakit kayak RSPI. Karena kasihan nanti orang-orang yang membutuhkan perawatan untuk kasus yang bergejala sedang dan berat," ujar Syahril.

Sebagai antisipasi tersebut, ia sudah membuat Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dan Sistem Informasi Rujukan Rumah Sakit Terintegrasi (Sisrute). "Ini dibuat dengan harapan RSUP Persahabatan maupun RSPI Sulianti Saroso hanya menerima rujukan kasus yang berat dan kritis," kata Syahril.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement