Jumat 18 Jun 2021 03:01 WIB

Alquran dan Filosofi Pakaian

Dalam Alquran paling tidak terdapat tiga bentuk istilah terkait pakaian.

Alquran
Foto:

Adapun lafadz libaas yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an di atas, tidak semuanya mengandung arti busana sebagai penutup aurat secara hakiki, ada beberapa libaas dalam arti busana secara majazi. Kata libaas yang berarti busana sebagai penutup aurat dalam arti yang hakiki terdapat pada dua ayat, yaitu lafadz libaas yang terdapat pada firman Allah “Busana untuk menutup auratmu dan busana indah untuk perhiasan” (Qs. Al-A’raf/6: 26).

Lafadz “libaas” (busana) pada ayat itu, menurut Al-Qasimi yaitu mengandung arti sesuatu yang dipakai dari busana. Adapun kata “risy” yaitu perhiasan, yakni sesuatu yang menghiasi busana, sehingga menjadi indah.

Sementara menurut Ibnu Katsir, yang dimaksud libaas pada ayat itu ialah penutup aurat, sedangkan risy yaitu sesuatu yang membuat indah busana atau dengan kata lain sebagai penghias busana. Pandangan lain dikemukakan oleh Sayid Quthb yang dimaksud libaas dan risy dalam ayat itu ialah busana yang menutup aurat yang terbuka, kemudian Allah menjadikan perhiasan yang memperindah busana itu sebagai pengganti kejelekan dan keburukan aurat tersebut.

Jadi, menurutnya bahwa libaas itu merupakan busana dalam, sedangkan risy ialah yang menutup tubuh seluruhnya dan yang dapat memperindah busana tersebut, dan itu ialah merupakan busana luar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement