Kamis 17 Jun 2021 02:02 WIB

 Mengenang Aksi-aksi Spontan Ala Bung Karno

Bung Karno dalam kepemimpinannya kerap kali menggunakan cara yang spontanitas.

Bonnie Triyana, Sejarawan dan Pimpinan Redaksi Majalah Historia saat menjadi narasumber pada acara ‘Talkshow dan Musik Bung Karno Series’ yang ditayangkan Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan.
Foto:

Selain Kolonel Maulwi Saelan, mantan pemain tim nasional sepak bola Indonesia yang menjadi Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa pengawal Bung Karno, lingkar dalam presiden pertama Indonesia diisi Komandan Resimen Tjakrabirawa Brigadir Jenderal TNI Sabur, Kepala Detasemen Pengawal Pribadi AKBP Mangil Martowidjojo serta ajudan priadi Kolonel KKO Bambang Widjanarko.

Bung Karno merupakan sosok yang ceria, suka menyanyi dan menari. Karena ketertarikan Bung Karno terhadap kesenian inilah, maka Resimen Tjakrabirawa tak hanya disiapkan untuk pengawalan, tapi juga harus siap sewaktu-waktu bermain musik agar dapat menghibur Presiden. 

“Mereka membentuk band yang menjadi asal muasal istilah ‘ABS’ alias ‘Asal Bapak Senang’. Sebuah istilah yang awalnya berarti positif, tapi kini jadi peyoratif dan dimaknakan sebagai upaya menjilat atasan,” urai pria kelahiran Rangkasbitung, 41 tahun lalu itu.

Dilanjutkan oleh Bonnie mengutip Maulwi Saelan, Bung Karno merupakan sosok yang tidak pernah mau untuk berjarak dengan masyarakat. Suatu saat, Bung Karno pernah ‘ngambek’ marah terhadap tindakkan pengamanan yang berlebihan dan tidak pas dengan prinsipnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement