Kamis 03 Jun 2021 08:47 WIB

BPIP Dorong Anak Muda Jadikan Pancasila Pijakan

Penting bagi anak muda menjadikan Pancasila pijakan menggapai cita-cita bangsa

Diskusi
Foto:

M Sabri menambahkah, ada dua hal yang selalu dibicarakan Bung Hatta setiap kali bicara tentang Indonesia. Pertama, negeri yang terbentang luas. Kedua, negara yang masyarakatnya yang paling plural di muka bumi.

"Bung Hatta ingin menyampaikan dua prasyarat moral bagi siapa pun yang  bercita-cita mengelola Indonesia. Pesan ini sangat relevan untuk para pemuda yang kelak akan jadi pemimpin. Orang-orang yang punya wawasan cetek harus sadar diri untuk tidak mengelola Indonesia," ujar Sabri.

Karena itu, lanjut Sabri, setiap gagasan sosial, ekonomi, politik bahkan  keagamaan harus sadar kemajemukan. "Ide yang mengabaikan keberbagian  dan kemajemukan akan gagal hadir di tengah-tengah bangsa," tandasnya.

Sementara Arjuna Putra melihat perlunya menjadikan Pancasila sebagai instrumen evaluasi regulasi atau kebijakan negara. "Indonesia juga memerlukan pondasi. Yakni Pancasila yang digali oleh Bung Karno dari nilai-nilai kearifan Bumi Nusantara,” imbuh Susanto.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement