Sabtu 29 May 2021 08:37 WIB

Pabrik Bakso di Jakarta Utara Terancam Ditutup

UD Athien kedapatan membuang limbah tanpa pengolahan ke Kali Sodetan Angke

Rep: Febryan A/ Red: Esthi Maharani
Suasana Kaliadem di Kelurahan Muara Angke, Jakarta Utara (ilustrasi).
Foto: Antara
Suasana Kaliadem di Kelurahan Muara Angke, Jakarta Utara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan UD Athien, yang memproduksi makanan laut beku, kedapatan membuang limbah tanpa pengolahan ke Kali Sodetan Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. Pemerintah Kota Jakarta Utara pun mengancam akan menutup permanen pabrik tersebut jika tak menghentikan pembuangan limbah.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan pada Sudin LH Jakarta Utara Suparman mengatakan, UD Athien adalah perusahaan yang mengolah makanan laut beku, seperti bakso dan otak-otak. Dalam prosesnya, perusahaan itu membuang limbah produksinya ke kali.

“Mereka mengalirkan air produksi otak-otak langsung dibuang ke Kali Sodetan Angke,” kata Suparman dalam keterangannya, Jumat (28/5).

Suparman menyebut, praktik pembuangan limbah tanpa proses pengolahan air limbah sangat dilarang sebab cara itu akan mencemari lingkungan. Padahal, kata dia, UD Athien sudah memiliki Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL).

Suparman akan memberikan sanksi tegas jika dalam tiga sampai lima hari ke depan perusahaan tak menutup saluran pembuangan air produksinya. "Kami akan cabut izin usahanya jika produksinya dilakukan tanpa melewati proses pengolahan air limbah di IPAL yang sudah dimiliki. Mereka juga harus melakukan penutupan bypass pembuangan air produksi ke Kali Sodetan Angke yang diketahui tanpa melewati proses pengolahan air limbahnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement