Jumat 28 May 2021 16:55 WIB

Kemenkominfo Bantah Info Kiat Sebelum Vaksinasi Covid-19

Kemenkominfo menilai info dilarang minum kopi sebelum vaksinasi tidak ilmiah

Berita-berita hoaks terkait Covid-19 (ilustrasi).  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapati beredarnya unggahan berbahasa Thailand yang memuat informasi seputar kiat-kiat yang diklaim untuk mencegah efek samping vaksinasi Covid-19. Kemenkominfo menggolongkannya sebagai disinformasi.
Foto: Republika
Berita-berita hoaks terkait Covid-19 (ilustrasi). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapati beredarnya unggahan berbahasa Thailand yang memuat informasi seputar kiat-kiat yang diklaim untuk mencegah efek samping vaksinasi Covid-19. Kemenkominfo menggolongkannya sebagai disinformasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapati beredarnya unggahan berbahasa Thailand yang memuat informasi seputar kiat-kiat yang diklaim untuk mencegah efek samping vaksinasi Covid-19. Kemenkominfo menggolongkannya sebagai disinformasi.

Kiat yang muncul dalam unggahan itu diantaranya tidak boleh minum kopi sebelum divaksinasi Sinovac, mengonsumsi minyak ikan selama 1-2 pekan sebelum vaksinasi AstraZeneca serta makan satu cangkir natto (kacang Jepang) sebelum vaksinasi karena memiliki kandungan Nattokinase untuk melarutkan gumpalan darah. Kemenkominfo mengklaim informasi tersebut tidak berdasar dalam situs resmi yang diakses Republika pada Jumat (28/5).

Kemenkominfo merujuk pada pendapat spesialis penyakit menular di Universitas Chulalongkorn Thailand Thiravat Hemachudha yang dilansir dari AFP. Thiravat mengatakan tidak ada alasan orang tidak bisa minum kopi sebelum menerima vaksin Covid-19. 

Sementara itu, Dr. Thira Woratanarat, profesor di Departemen Pencegahan dan Pengobatan Sosial di Universitas Chulalongkorn mengatakan tidak ada bukti akademis bahwa minyak ikan dapat meminimalkan efek samping dari vaksin Covid-19. 

Selanjutnya, terkait dengan mengonsumsi natto, meskipun ada penelitian yang menunjukkan manfaat Nattokinase dalam melarutkan gumpalan darah, para ilmuwan belum merekomendasikannya untuk orang yang menerima vaksin Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement