Jumat 28 May 2021 02:36 WIB

Zona Merah di Banyumas Tinggal Satu RT

Zona merah saat ini di wilayah Desa Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19. Wilayah Rukun Tangga (RT) yang masuk kategori zona merah di Kabupaten Banyumas, hanya tinggal tersisa satu RT.
Foto:

Sedangkan untuk wilayah RT yang masuk zona kuning, menurut Chairul, ada sebanyak 185 desa. Di desa desa yang masuk zona kuning ini, ada warga yang terjangkit namun jumlahnya tidak banyak dan pasien langsung bisa diisolasi. ''Sedangkan yang masuk zona hijau, desa yang masih terbabas Covid 19. Jumlahnya sebanyak 9.833 RT,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, dalam menentukan status zona tersebut, pihaknya tidak melihat apakah pasien yang positif sudah dilakukan isolasi mandiri atau masuk rumah karantina. ''Walaupun warga yang positif sudah dievakuasi dan rumah dalam kondisi kosong, status wilayah RT tersebut tetap masuk zona merah, orange atau kuning, yang ditetapkan berdasarkan jumlah warga terpapar,'' jelasnya.

Status zona baru berubah, bila pasien yang sebelumnya positif berangsur mulai ada yang sembuh. Evaluasi ini dilakukan sepekan sekali. ''Kalau di wilayah RT tersebut tidak ada lagi yang positif, maka statusnya akan menjadi hijau,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement