Senin 24 May 2021 18:54 WIB

Airlangga: Pemerintah Siapkan Stimulus untuk UMKM

Dukungan stimulus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga Rp191,3 Triliun.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pidato kunci dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2020 di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/10/2020).
Foto:

"Jutaan UMKM yang sudah on boarding di berbagai platform e-commerce akan diberikan stimulus seperti coaching, promosi, dan penyaluran pinjaman dari bank Himbara, serta penempatan dalam e-catalog pengadaan barang," ujar Airlangga.

Airlangga menjelaskan untuk mendorong optimalisasi digitalisasi UMKM, pemerintah juga telah menginisiasi dan melaksanakan pembangunan berbagai sarana infrastuktur fisik dan digital.

"Termasuk di antaranya pembangunan jaringan fiber optik, palapa ring, menara BTS, dan jaringan internet di daerah 3T, perluasan wilayah 4G, pengembangan sistem 5G, peluncuran satelit multifungsi satria, dan pembangunan pusat data nasional, serta diklat bagi digital technopreneur dan digital talent," katanya. 

Selain itu, untuk memastikan agar tujuan akselerasi tercapai, Airlangga mengungkapkan, pemerintah juga telah menginisiasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan program Literasi Digital Nasional; Indonesia Makin Cakap Digital yang di launching oleh Presiden Joko Widodo, untuk pengembangan kompetensi SDM. 

"Harapannya dengan program ini dapat mendorong berbagai inisiatif di semua, melalui kerja-kerja konkret di tengah masyarakat, termasuk UMKM agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," pungkas Airlangga.

sumber : A
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement