Senin 24 May 2021 16:45 WIB

Kata Peneliti ARSC Soal Airlangga Tempel Prabowo Capres 2024

ARSC menyebut Airlangga termasuk capres potensial di bawah Prabowo

ARSC menyebut Airlangga termasuk capres potensial di bawah Prabowo. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Foto: Istimewa
ARSC menyebut Airlangga termasuk capres potensial di bawah Prabowo. Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Hasil survei nasional Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) terkait latar belakang kandidat presiden 2024 memunculkan sejumlah nama dari berbagai klaster sumber kepemimpinan.

Antara lain, klaster ketua umum partai politik, TNI, Polri, menteri, kepala daerah, dan perempuan. Dari klaster ketua umum partai, dua nama yang konsisten tinggi adalah Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto sebagai kandidat calon presiden 2024. 

Baca Juga

Peneliti ARSC Bagus Balghi menyebutkan, sosok Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki peluang yang cukup prospektif. Hal itu, mengingat kapasitasnya sebagai Menko Perekonomian yang menangani berbagai isu krusial hari ini.  

"Nama Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto dalam tingkatan yang berbeda namun menunjukkan konsistensi kemunculan dan prospek yang cukup besar dalam pilpres 2024 mengingat keduanya adalah ketua umum partai besar, sekaligus menteri yang menangani isu vital. Khusus Airlangga Hartarto, menangani isu ekonomi rakyat dan penanganan pandemi,” ujar Bagus dalam siaran di Jakarta, Senin (24/5).

Berdasarkan survei ARSC, jelas Bagus, kriteria sosok sipil, memiliki kinerja yang terukur, pengalaman yang baik memiliki potensi yang besar untuk dipilih oleh publik. Posisi ketua umum partai menjadi penting karena otoritas pengambilan keputusan di tingkat partai. 

Hal ini berbeda dengan figur-figur politik yang populer secara individu namun lemah dalam akses partai. Sebagaimana sosok Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, meski elektabilitas tinggi saat ini namun membutuhkan proses yang panjang untuk mendapatkan tiket capres 2024.

Pihaknya memprediksi akan terjadi gesekan pada internal sejumlah partai terkait rivalitas menuju capres 2024. Lebih menarik lagi, sambung Bagus, joka ada niatan dari beberapa partai lain yang akan melaksanakan konvensi sebagaimana diwacanakan Partai NasDem. 

"Sementara partai yang sejak awal solid mendorong pencalonan ketua umum relatif lebih fokus membangun kinerja politik di tingkat basis, berguna tidak hanya untuk pilpres tapi juga untuk kepentingan Pileg dari partai tersebut,” kata Bagus.

Adapun dari kalangan menteri, nama Sandiaga Uno menempati posisi teratas dengan perolehan 25,26 persen. Diikuti Prabowo Subianto dengan 19,17 persen. Kemudian, di posisi ketiga ada nama Airlangga Hartarto dengan 9,79 persen responden.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Maman Abdurahman, menilai situasi pandemi mempengaruhi penilaian publik terhadap pemilihan figur yang akan menjadi calon pemimpin di 2024. 

Dia merujuk kiprah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian, menangani Covid- 19 dan pemulihan ekonomi nasional.  

“Publik pasti melihat siapa menteri yang benar-benar serius dan konsisten dalam mengatasi pandemi Covid-19, serta upaya pemulihan ekonomi nasional. Ketua Umum kami memiliki komitmen kuat untuk fokus bekerja mendorong pemulihan ekonomi. Dan hal itu telah juga menjadi komitmen dari Partai Golkar dari pusat sampai daerah,” ujar Maman yang juga anggota DPR ini.    

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement