Sabtu 22 May 2021 06:59 WIB

Ketua DPRD Kota Bogor Serukan Dukungan Terhadap Palestina

Ada tiga alasan mengapa masyarakat Indonesia harus mendukung perjuangan Palestina.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.
Foto: Dok pribadi
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Meski Israel dan kelompok perlawanan Palestina, Hamas juga menyepakati gencatan senjata, dukungan terhadsp Palestina terus mengalir dari Kota Bogor. Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan tiga alasan mengapa masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bogor harus mendukung kemerdekaan Palestina.

Atang menyebutkan, alasan pertama yakni alasan kemanusiaan. Serangan yang dilakukan oleh Israel sudah mencoreng kedamaian dunia, karena dilakukan kepada masyarakat yang tengah melakukan ibadah dan menelan korban jiwa perempuan dan anak-anak.

Baca Juga

"Tidak ada yang namanya self defense dengan cara membunuh anak-anak dan perempuan. Tidak ada yang namanya pembelaan diri dengan cara menyerang orang yang tengah beribadah Ramadhan di Masjidil Aqsa. Tidak ada logika bela diri bagi penjajah, apalagi merenggut korban sipil. Maka, secara kemanusiaan, kita katakan bahwa hari ini telah terjadi pembantaian umat manusia terburuk sepanjang masa abad modern," tegasnya di Masjid Raya Al Muttaqien, Jalan Pandu Raya, Kota Bogor, Jumat (21/5). 

Kemudian, lanjut Atang, alasan kedua merupakan kebangsaan. Dimana Palestina merupakan bangsa yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia.

"Bahkan, di Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dikatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," ucapnya.

Terakhir, lanjut Atang, alasan ketiga yakni keimanan, dimana dalam Islam, membela bangsa terdzolimi dan melawan penjajahan adalah sebuah kewajiban. Selain itu, mayoritas masyarakat Palestina beragama Islam yang masih memiliki ikatan saudara dengan umat Islam di Indonesia.

Selain mengapresiasi sikap tegas yang sudah ditunjukkan oleh Pemerintah Indonesia, ia pun meminta agar Indonesia lebih jauh lagi memainkan peran kunci dalam upaya kemerdekaan Palestina. Serta menghapuskan segala bentuk penjajahan kolonialisme di abad modern ini. "Kami mengutuk keras kedzoliman zionis Yahudi dan PBB agar bersikap tegas. Saya kira Pemerintah kita dapat meningkatkan peran tersebut", jelasnya.

Atang turut mengajak masyarakat agar turut andil dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina. "Mari bersama-sama kita dorong kekuatan, kita galang kebersamaan sesama umat Muslim dan sesama warga negara Indonesia dengan segala daya dan upaya. Doa, usaha, bantuan dana mudah-mudahan apa yang ktia lakukan bisa membantu saudara kita di Palestina," ucapnya.

Selain Atang, aksi ini juga dihadiri oleh pada ulama, habaib, tokoh agama se-Kota Bogor. Juga hadir ratusan masyarakat Kota Bogor.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement