Kamis 20 May 2021 17:26 WIB

Festival Hari Buku Momen Kebangkitan Semangat Membaca

Ikapi melihat daerah-daerah di Indonesia sebenarnya merupakan pusat kreativitas baru.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) terpilih Arys Hilman Nugraha  mengatakan pihaknya prihatin terhadap rendahnya pengetahuan masyarakat tentang buku.
Foto:

Pameran buku akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan. Wahyu juga menegaskan, disinfektan akan disemprotkan setiap hari di seluruh area pameran. Kelengkapan lainnya seperti hand sanitizer dan tes suhu juga akan disediakan di lokasi.

Jumlah peserta yang hadir di lokasi juga akan dibatasi. Misalnya, bagi pesantren yang sudah mendaftar untuk hadir akan dibatasi maksimal membawa 30 siswanya. Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan yang terlalu banyak di acara pameran.

Selain dilakukan secara luring, pameran ini juga akan dilakukan secara daring. Secara fisik, sebanyak 150 penerbit di Jabodetabek akan mengikuti kegiatan ini. Sementara secara daring, bisa diikuti oleh seluruh penerbit dan masyarakat yang berminat membeli buku bisa melakukannya melalui Ikapi Store.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy, mengatakan pihaknya memberikan dukungan sepenuhnya kepada pelaksanaan festival ini. Ia merasa senang karena Provinsi Banten dipilih menjadi tuan rumah festival secara nasional.

"Kami pemerintah pun mendorong, mensupport, agar pelaksanaan hari buku nasional ini bisa berjalan dengan baik dan juga dengan protokol kesehatan," kata Andika.

Ia juga berharap agar animo masyarakat di Banten dapat bertambah, dalam kaitannya mengenai budaya membaca. Selain itu, Andika juga mendorong agar seluruh pemerintah daerah bisa menjadikan salah satu fokus kebijakannya untuk mengedepankan program gemar membaca di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement