Kamis 20 May 2021 17:26 WIB

Festival Hari Buku Momen Kebangkitan Semangat Membaca

Ikapi melihat daerah-daerah di Indonesia sebenarnya merupakan pusat kreativitas baru.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) terpilih Arys Hilman Nugraha  mengatakan pihaknya prihatin terhadap rendahnya pengetahuan masyarakat tentang buku.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) terpilih Arys Hilman Nugraha mengatakan pihaknya prihatin terhadap rendahnya pengetahuan masyarakat tentang buku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Hari Buku Nasional (FHBN) 2021 akan diselenggarakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten. Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Buku Nasional ini diharapkan bisa meningkatkan kesukaan masyarakat terhadap buku.

Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman mengatakan pihaknya prihatin terhadap rendahnya pengetahuan masyarakat tentang buku. "Kita menganggap bahwa kita harus bangkit dari sesuatu yang bisa melibatkan banyak masyarakat agar perhatian tercurah," kata Arys, dalam telekonferensi FHBN 2021, Kamis (20/5).

Baca Juga

Arys menyebut, Ikapi berupaya melibatkan berbagai macam pihak dalam kegiatan festival ini. Ia berharap, agar festival ini bukan hanya sekadar pameran buku, namun tempat bertemunya penulis, pemerintah, masyarakat, hingga perusahaan swasta. Bukan hanya sebagai pembaca namun terlibat dalam peristiwa ini.

FHBN rencananya akan diselenggarakan setiap tahun, dan dilakukan bergiliran di berbagai daerah. Sebab, Ikapi melihat daerah-daerah di Indonesia sebenarnya merupakan pusat kreativitas baru. Berkat teknologi, saat ini mungkin untuk dilakukan globalisasi konten-konten yang bersifat lokal di daerah.

"Kita dari Aceh sampai Papua sebenarnya kita bisa menjadi sumber-sumber konten yang patut kita hargai. Sehingga muncul pemikiran bahwa kita bisa memiliki kegiatan berskala nasional, tapi bergiliran," kata Arys menambahkan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Hari Buku Nasional 2021 Wahyu Rinanto mengatakan, selain pameran buku akan banyak kegiatan yang berhubungan dengan budaya lokal. Hampir seluruh pengisi acara di FHBN 2021 berasal dari Banten. Hal ini sesuai dengan tema yakni inspiriasi dari Banten.

Selain itu, akan ada acara penting yakni aksi sejuta buku. Kegiatan ini mengajak masyarakat secara umum termasuk perusahaan swasta untuk berdonasi buku yang nantinya akan diberikan kepada taman bacaan dan perpustakaan desa yang ada di Banten.

"Jadi di dalam kesempatan ini, nanti masyarakat atau perusahaan melalui pameran ini diharapkan bisa mendapatkan kesempatan untuk membeli bukunya dan langsung diserahterimakan pada teman-teman taman bacaan," kata Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement