Selasa 18 May 2021 16:47 WIB

Polisi Pantau Prokes di Lima Titik Wisata Sukabumi

Langkah ini dilakukan agar warga tidak lengah terhadap risiko Covid-19.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Qommarria Rostanti
Wisata pemandian air panas Cikundul di Kota Sukabumi. Polres Sukabumi Kota melakukan pengawasan penerapan prokes di beberapa kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota (ilustrasi).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wisata pemandian air panas Cikundul di Kota Sukabumi. Polres Sukabumi Kota melakukan pengawasan penerapan prokes di beberapa kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Polres Sukabumi Kota melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) di beberapa kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Langkah ini dilakukan dalam rangka mencegah potensi penyebaran Covid-19 akibat adanya pelanggaran prokes di lokasi wisata.

Pengawasan tersebut dilakukan oleh Jajaran Sat Binmas Polres Sukabumi Kota di lima kawasan wisata. Ke lima titik itu yakni kawasan wisata air Waterboom Rizzy Az-Zahra, wisata alam Selabintana, kawasan wisata alam Pondok Halimun, kawasan wisata air Waterboom Cigunung, dan kawasan wisata air Icuk Sugiarto Kadudampit.

Dilengkapi alat pengeras suara, sejumlah personel Sat Binmas lakukan 'wawar' penerapan prokes terhadap para wisatawan yang tengah liburan di sejumlah kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. "Pengawasan penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata harus terus dilakukan guna mencegah timbulnya Klaster Covid-19 yang baru," ujar Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Iman Retno kepada wartawan, Selasa (18/5).

Hal ini sesuai dengan perintah dari kapolres dan Satgas Preemtif Operasi Lodaya 2021. Salah satunya melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di beberapa kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Upaya ini, kata Iman, dilakukan untuk mencegah timbulnya kerumunan di kawasan wisata yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Sebab ini akan menjadi potensi penyebaran Covid-19 yang dikarenakan kerumunan dan ada warga yang dikhawatirkan tidak menggunakan masker.

Iman mengatakan, upaya ini akan terus disampaikan kepada warga khususnya pengunjung dan pengelola kawasan wisata. Dengan begitu diharapkan adanya kesadaran warga dan pengelola akan pentingnya menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, aparat gabungan akan terus memantau lokasi wisata agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Langkah ini dilakukan agar warga tidak lengah dan harus tetap waspada dengan potensi penyebaran Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement