Selasa 04 May 2021 20:15 WIB

Mantan Komandan Kapal Selam Buka Suara Soal Radiasi

Ada sejumlah isu yang coba dia luruskan, mulai penyakit hingga ditelantarkan TNI AL.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Iwa Kartiwa.
Foto:

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II itu, kapal selam didesain oleh para ahli untuk membawa personelnya di kedalaman air dengan aman. Sehingga, personel yang berada di kapal selam dia sebut akan aman kondisinya selama menyelam sesuai spesifikasinya.

"Jadi, kondisi saya saat ini memang sejak lama karena kurang disiplin diri. Jadi saya kondisi sedang perawatan, tapi bukan karena dinas di kapal selam," tutur Iwa.

Iwa juga disebut-sebut sakit hingga menjual rumah pribadinya. Dia menampik kabar tersebut. Dia mengaku, memiliki dua rumah, satu rumah dinas dan satu rumah pribadi di Tasikmalaya. Menurut Iwa, dia tidak pernah menjual apapun saat mengalami sakit itu.

"Saya tidak pernah jual apapun karena angkatan laut selalu berikan segalanya untuk saya. Saya diberikan kemudahan, sampai terakhir Februari masih diberikan obat oleh AL. Tidak ada masalah," jelas dia.

Masih terkait rumah pribadinya, dia menerangkan, rumah yang ia tinggali sekarang ini dipilih berdasarkan perhitungan yang keluarganya lakukan dan bukan di gang sempit. Soal kelayakan, rumah yang dia tinggali itu sudah sangat nyaman dia rasakan.

"Buat kami itu rumah yang sangat nyaman. Kami bisa bermain di halaman, di belakang. Kiri-kanan masih ada halamannya, ada empat kamar. Buat kami sudah lebih dari cukup," kata Iwa.

Menurut dia, dinas di kapal selam memang memiliki risiko yang tinggi. Tapi, risiko tinggi bukan saja dimiliki oleh prajurit di kapal selam, tetapi juga prajurit lain yang bertugas di luar kapal selam, baik itu di matra laut, darat, maupun udara.

"Para prajurit lain yang ada di medan tempur darat, laut udara, punya risiko yang sama," jelas Iwa.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement