Senin 03 May 2021 17:46 WIB

Khatib Aam PBNU: Pancasila Solusi Baik Peradaban Bangsa ini

Ada potensi besar Pancasila sebagai solusi atas masalah dunia.

KH Yahya Cholil Staquf, Khatib Aam Pengurus Besar NU ketika menyampaikan
Foto:

"Keyakinan saya, ada visi mendasar dalam hal ini. Karena kalau kita sudah berbicara Pancasila, ngapain masih bicara syariat? Pancasila bilang Ketuhanan Yang Maha Esa, lha itu semua sudah otomatis itu syariat kenapa diperdebatkan lagi? Sehingga tujuh kata ini hakikatnya tidak diperlukan,” bebernya.

“Bangsa ini visioner dan modern menempatkan warganya setara di mata hukum sehingga tidak boleh satu pun di dalam dokumen fundamental seperti Pancasila ini seolah memberi kesan perbedaan satu kelompok dengan yang lain. Umat Hindu ya menjalankan syariat Hindu, umat Budha juga dengan syariat Budha, umat islam ya syariat Islam. Kan sudah jelas itu saya rasa,” jelasnya.

Baginya, ada potensi besar Pancasila sebagai solusi atas masalah dunia. Sebab jika melihat realitas global saat ini, mengerucut kepada satu peradaban tunggal, batas fisik dan non fisik menjadi tidak relevan, dan potensi konflik semakin mengeras. 

"Marilah kita melihat ke seluruh dunia ini, tidak ada tawaran yang lebih baik bagi solusi peradaban kita ini selain Pancasila,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement