Sabtu 03 Apr 2021 10:12 WIB

Kekuatan dan Tantangan Media Alternatif Islam

Di era informasi instan, media massa tetap jadi satu sumber informasi masyarakat.

Koran Republika
Foto:

Manajerial beragam

Dari sisi manajerial, pengelolaan media oleh ormas ini ternyata cukup beragam. Ada yang sudah dikelola dengan modern sehingga mendekati keprofesionalan media arus utama tetapi ada juga yang masih berusaha untuk meningkatkan kualitas media sekaligus kapasitas SDM-nya.

Ditinjau dari sejarahnya, media-media alternatif Islam ini sudah berkembang sejak lama. Sebagian usianya sudah melampaui 50 tahun dan masih bertahan hingga saat ini. Salah satunya tentu saja karena militansi jamaah yang secara terus-menerus mendukung keberadaan media tersebut. Namun di sisi lain, tantangan zaman menuntut media-media alternatif ini berubah mengikuti perkembangan yang terus bergulir.

Jika semula media-media alternatif ini berbentuk media cetak yang dikirimkan ke seluruh Indonesia maka sejak beberapa tahun silam mereka menyesuaikan diri dengan membuat media online yang informasinya harus selalu diperbarui. Hal ini tentu saja menuntut peningkatan kualitas pengelolaan media.

Jika dulu, pengelolaan media dapat dikerjakan sembari lalu karena masa terbit yang panjang maka kini mereka harus berpacu dengan waktu. Media online tidak kenal tenggat waktu sehingga harus diperbarui terus-menerus. Upaya ini memerlukan daya dukung SDM serta kapasitas yang memadai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement