Ahad 21 Mar 2021 17:44 WIB

Sentra Vaksinasi Massal Covid-19 Percepat Target Cakupan

Kecepatan vaksinasi Indonesia saat ini 300 ribu sampai 380 ribu per hari

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada lansia di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/3). Sentra Vaksinasi Bersama BUMN yang diperuntukan bagi lansia di wilayah Jabodetabek dan pekerja layanan publik di lingkungan BUMN dan BUMD itu telah memvaksin lebih dari 63 ribu orang dan diselenggarakan hingga 10 Mei 2021. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Nanti stok vaksin akan ditambah lagi sehingga stok vaksin akan berkecukupan.

Perlu diketahui, Komunitas Alumni Tiga Sekolah Ursulin di Jakarta, yakni Sekolah Santa Ursula, Sekolah Santa Theresia, dan Sekolah Santa Maria mendirikan Sentra Vaksinasi Serviam (SVS). SVS adalah pusat vaksinasi khusus Lansia yang berlangsung selama 3 bulan mulai dari 20 Maret hingga 10 Juni 2021.

Pusat vaksinasi Lansia ini berada di Sekolah Santa Ursula Jalan Lapangan Banteng Utara No 10, Jakarta Pusat. Target vaksinasi sebanyak 500 Lansia yang berdomisili di DKI Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama 3 bulan, kecuali tanggal merah.

Kendati demikian, Dante menekankan kepada masyarakat walaupun sudah divaksinasi, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Sebab antibodi baru terbentuk setelah 3 pekan usai vaksinasi kedua.

Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk. Kemudian suntikan kedua berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi secara optimal dan imunitas. Ini baru akan terbentuk secara baik setelah 3 minggu suntikan kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement