Jumat 12 Mar 2021 13:36 WIB

Sodetan JGC ke Kanal Banjir Timur Diserahkan ke Pemprov DKI

Sodetan itu diharapkan bisa mengatasi bencana banjir di musin penghujan

Pembangunan crossing (sodetan) untuk mengalirkan air dari Jakarta Garden City (JGC) menuju Kanal Banjir Timur (KBT) telah diselesaikan oleh pengembang PT Mitra Sindo Sukses.
Foto: istimewa
Pembangunan crossing (sodetan) untuk mengalirkan air dari Jakarta Garden City (JGC) menuju Kanal Banjir Timur (KBT) telah diselesaikan oleh pengembang PT Mitra Sindo Sukses.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan crossing (sodetan) untuk mengalirkan air dari Jakarta Garden City (JGC) menuju Kanal Banjir Timur (KBT) telah diselesaikan oleh pengembang PT Mitra Sindo Sukses. Pengembang township seluas 370 hektare itu secara resmi menyerahkan sodetan tersebut ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Walikota Administrasi Jakarta Timur M Anwar mengatakan sodetan JGC sepanjang 200 meter dibuat untuk mengalirkan air dari Waduk Rorotan side B-JGC menuju danau River Garden side C-JGC, lalu menuju ke embung samping KBT. Sodetan dibuat untuk mengurangi ancaman bencana banjir yang terjadi saat hujan deras di 8 RW, yakni RW 04, RW 06, RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 12 Kelurahan Cakung Timur, serta RW 07 dan RW 10 Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara.

“Kami sangat mengapresiasi peran serta dan partisipasi aktif dari manajemen Jakarta Garden City yang telah berhasil membangun saluran sodetan ini, diharapkan ke depan semoga dapat mengurangi dampak bencana banjir khususnya di kawasan sekitar perumahan ini,” kata M Anwar.

Prosesi penyerahan sodetan secara simbolis dilakukan Jumat (12/3) dihadiri oleh manajemen anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk itu, jajaran Pemprov DKI Jakarta, Walikota Administrasi Jakarta Timur, serta Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah. General Manager Town Management & High Rise JGC, Togu Pangihutan, mengatakan pihaknya senantiasa berkomitmen mendukung berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar proyek.

Wujud kepedulian itu diimplementasikan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility yang dilakukan secara berkesinambungan. Termasuk pembangunan sodetan untuk mengalirkan air dari JGC menuju KBT. “Semoga sodetan ini dapat bermanfaat bagi wilayah di sekitar kawasan JGC sehingga tidak akan mengalami banjir saat musim penghujan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement