Jumat 05 Mar 2021 23:59 WIB

Yogyakarta Dorong Pertumbuhan Koperasi Berbasis Komunitas

Sebagian besar koperasi yang ada di Kota Yogyakarta merupakan koperasi fungsional.

Koperasi (ilustrasi).
Foto:

Salah satu upaya untuk menumbuhkan koperasi berbasis komunitas dilakukan melalui pembinaan kelompok ekonomi produktif di wilayah.Jika kelompok ekonomi produktif di suatu wilayah tidak bisa berdiri sendiri dan saling mengandalkan anggota lainnya, maka Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM akan mendorong kelompok tersebut untuk membentuk koperasi.

Namun jika pelaku ekonomi produktif mampu berdiri sendiri maka akan didorong untuk menjadi wirausaha mandiri dan jika mampu memenuhi kebutuhan bahan baku hingga menghasilkan produk maka akan didorong menjadi pelaku industri kecil menengah.

Secara keseluruhan, kinerja koperasi di Kota Yogyakarta sepanjang 2020 memenuhi target omzet yaitu mencapai 102,2 persen dari target yang ditetapkan

."Tetapi, kinerja koperasi ini masih lebih banyak disumbang oleh koperasi-koperasi besar seperti SGM dan Telkom. Sedangkan untuk koperasi berskala kecil masih membutuhkan dorongan agar kinerjanya semakin baik," katanya.

Dari 364 koperasi yang ada, lanjut Tri, tidak semuanya berada kondisi sehat. "Kami sudah menyiapkan klinik koperasi untuk membantu memperbaiki status koperasi agar menjadi sehat. Klinik bisa diakses online," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement