Rabu 03 Mar 2021 16:38 WIB

'Semua Pihak Penting Dukung Ketahanan Pangan RI'

Kenaikan harga pangan perlu diantisipasi agar kebutuhan pangan warga tetap terpenuhi.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Foto:

Sementara itu Fracsiscus Welirang, menyampaikan dalam hal ketahanan pangan selain dampak dari Covid-19, penting juga untuk diperhatikan adanya perubahan iklim. “Perubahan iklim ini sangat berpengaruh terhadap semua aspek food system," ujar Franciscus. 

Pengaruh perubahan iklim terhadap food system yang ia maksud adalah produksi dan ketersediaan pangan akan berkurang karena cuaca ekstrim menyebabkan hasil panen berkurang; akses terhadap pangan akibat kenaikan harga (karena produksi turun) dan penurunan pendapatan karena gagal panen; kualitas produksi pangan karena adanya kenaikan kandungan CO2 mengurangi kandungan nutrisi pada pangan; dan juga cuaca ekstrim berpotensi meningkatkan (makanan terbuang dan mejadi sampah) food waste and loss. 

Untuk itu pria yang akrab disapa Franky ini mengusulkan, solusi dalam mengatasi perubahan iklim ini melalui pemilihan bibit yang tepat. “Indonesia terdiri dari wilayah-wilayah yang memiliki suhu udara dan curah hujan (iklim); sifat fisik, morfologi dan kimia tanah; dan topografi yang berbeda-beda. Akibatnya varietas tanaman yang unggul di satu wilayah, belum tentu unggul dan produktif di wilayah lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengembangan bibit unggul spesifik wilayah pemberdayaan kearifan lokal dalam pengembangan benih,” ujar pengusaha di bidang makanan ini.

Sedangkan Dwi Andreas Santoso melihat, bahwa ketahanan pengan ini seringkali menjadi faktor kunci bagi kestabilan dan ketahanan nasional suatu negara. “Beberapa krisis politik di dalam negeri saat zaman Orde Lama maupun Orde Baru salah satu pemicunya adalah krisis pangan. Begitu juga saat terjadi krisis politik di kawasan Timur Tengah yang dikenal Arab Spring dan juga kudeta di Sudan, salah satu pemicunya adalah krisis pangan,” ujar Guru Besar IPB ini.

 

Untuk itu, menurutnya, perhatian terhadap ketahanan pangan harus serius dilakukan oleh semua pihak, termasuk partai politik untuk terwujudnya kedaulatan pangan. Dukungan dari partai politik ini terutama untuk mendukung kedaulatan petani yang merupakan salah satu pilar dari kedaulatan pangan itu sendiri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement