Senin 01 Mar 2021 19:23 WIB

Pemkot Solo Mulai Vaksinasi untuk Enam Ribu Lansia

Solo membagi pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dalam beberapa gelombang.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis menunjukan vaksin COVID-19 Sinovac sebelum disuntikan kepada seorang warga lanjut usia (lansia) penerima vaksin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Menurut data Dinas Kesehatan Kota Solo, kuota vaksin COVID-19 Sinovac tahap kedua untuk lansia atau warga berusia di atas 60 tahun telah penuh dengan jumlah pendaftar melalui aplikasi daring mencapai 6.800 orang.
Foto:

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama wakilnya Teguh Prakosa meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di RS PKU Muhammadiyah Solo, RSUD Bung Karno. Gibran mengingatkan lansia peserta vaksinasi agar tetap memakai masker meskipun telah divaksin.

"Saya lihat warga semua antusias mengikuti vaksinasi. Kalau vaksinnya ready, kami siap. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada kendala, dan bisa kita simpulkan vaksin ini benar benar aman. Harapannya dengan vaksinasi ini bisa mempercepat ekonomi," ucap Gibran.

Sementara itu, Direktur RSUD Bung Karno Wahyu Indianto mengatakan, kuota vaksinasi untuk lansia setiap hari 300 orang. Layanan dibagi dua sesi setiap harinya. Namun, sesi siang biasanya lebih sepi.

"RSUD Bung Karno tidak membatasi kuota asal saya sesuai jumlah yang dikirimkan oleh DKK," kata Wahyu.

Wahyu menyatakan, sejauh ini belum ada laporan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) yang dialami lansia seusai vaksinasi. Menurutnya, risiko KIPI terhadap lansia secara umum sama dengan warga usia produktif.

"Ini belum ada. Paling-paling ya pegal, ngantuk, lapar. Sejauh ini tidak ada keluhan," ujar Wahyu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement