Senin 01 Mar 2021 12:50 WIB

Jhoni Allen: SBY Bukan Pendiri Partai Demokrat

Saat ini, Demokrat menjadi salah satu partai yang melanggengkan dinasti politik.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto:

Saat ini, dia menilai, Demokrat menjadi salah satu partai yang melanggengkan dinasti politik. Hal ini terjadi usai kongres luar biasa (KLB) pada 2013, saat SBY menjadi ketua umum dan putra keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono menjadi sekretaris jenderal Partai Demokrat.

"Pertama kali di Indonesia, bahkan di dunia, untuk pertama kali partai politik bapaknya SBY ketum, anaknya sekjen. Sejatinya SBY telah melakukan pengingkaran fakta sejarah lahirnya Partai Demokrat," ujar Jhoni.

Partai Demorkat, tegas Jhoni, diteken oleh 99 orang pendiri di Jakarta dan disahkan dalam akta notaris. Setelah itu, terbentuklah kepengurusan partai di banyak daerah hingga lolos verifikasi KPU.

"Di dalamnya perjuangan para kader dari Sabang sampai Merauke bersusah payah, bekerja keras tidak mengenal lelah dan waktu untuk bersama-sama meloloskan Partai Demokrat pada verifikasi KPU," ujar Jhoni.

Untuk itu, dia mendorong digelarnya kongres luar biasa (KLB) untuk mengembalikan Demokrat menjadi partai demokratis, terbuka, dan modern. Pasalnya, dia menilai, bahwa partai berlambang bintang mercy itu adalah partai keluarga.

 

"KLB sebagai solusi konstitusional untuk mengembalikan Partai Demokrat menjadi partai yang demokratis, terbuka, dan modern," ujar Jhoni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement