Kamis 25 Feb 2021 03:08 WIB

Pulau Enggano Miliki Potensi Pariwisata

Pulau Enggano merupakan pulau terluar Indonesia

Peta Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar Bengkulu.
Foto:

Pertama, Pulau Enggano termasuk salah satu bagian dari pulau-pulau kecil dan terluar Indonesia, sehingga dinilai strategis karena akan menentukan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedua, letak geografis Pulau Enggano di Samudera Hinda menjadi simpul perlintasan lalu lintas barang dan manusia sehingga jika dikembangkan akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia.

"Ini sangat potensial untuk dijadikan sebagai simpul bukan saja sebagai kegiatan masyarakat kita sendiri tetapi juga simpul yang memastikan bahwa negara kita secara teritorial bisa terjaga dengan baik," paparnya.

Dalam publikasi ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2015, Pulau Enggano memiliki beragam flora dan fauna, di antaranya 35 jenis burung, 13 jenis mamalia kecil, tiga jenis mamalia besar, 13 jenis reptil, dua jenis amfibi, 24 jenis moluska, 25 jenis krustasea dan kelompok serangga, serta 52 jenis ikan.

Keanekaragaman hayati di Pulau seluas 400,6 kilometer persegi ini, masih terjaga seperti hutan mangrove, pantai, riparian, hutan pamah, dan rawa air tawar. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement