Kamis 25 Feb 2021 01:03 WIB

BPBD Banten Ingatkan Nelayan Waspadai Cuaca Buruk

Peluang cuaca buruk berdasarkan BMKG diprakirakan berlangsung tiga hari ke depan

Nelayan (ilustrasi)
Foto:

Apalagi, nelayan pesisir selatan Lebak kebanyakan nelayan tradisional dengan mesin tempel dan tidak kuat jika menahan gelombang di atas dua meter."Kami berharap cuaca buruk itu sebaiknya nelayan tidak melaut, karena cukup membahayakan," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, nelayan pesisir selatan Lebak di antaranya terdapat di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bayah, Panggarangan, Pulau Manuk, Tanjung Panto, Sawarna, Suka Hujan, Cihara, Binuangeun dan Bagedur. Mereka nelayan tradisional itu tidak melaut akibat cuaca ekstrem dengan dilanda hujan lebat dan angin kencang serta gelombang cukup tinggi.

Dengan demikian, kata dia, nelayan dan masyarakat agar tidak mendekat pesisir pantai selatan Lebak guna menghindari kecelakaan itu."Kami berharap nelayan tidak melaut karena bisa menimbulkan kecelakaan laut," ujarnya.

Sementara itu, Ahmad (55) nelayan TPI Binuangeun Kabupaten Lebak mengaku sudah dua pekan lebih tidak berani melaut karena gelombang tinggi dan angin cukup kencang disertai hujan lebat.

Mereka nelayan lebih baik di rumah menghadapi cuaca buruk itu dikhawatirkan perahu kincang rusak berat diterjang ombak."Kami berharap cuaca kembali normal sehingga bisa melakukan tangkapan dan menghasilkan pendapatan ekonomi," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement