Rabu 24 Feb 2021 18:34 WIB

Elektabilitas Prabowo Tertinggi, PDIP Fokus 'Katrol' Puan

Survei itu akan berbeda jika PDIP menetapkan Puan sebagai Capres 2024.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto
Politisi PDIP Effendi Simbolon
Foto:

Effendi menyebut, Puan punya prestasi yang patut dibanggakan. Salah satunya, lulusan UI dengan predikat memuaskan dan mendapat gelar doktor honoris causa. Dari segi pengalaman, Puan pernah menjabat menteri dan kini ketua DPR RI.

"Dalam Pileg kemarin, Mbak Puan sukses dengan perolehan suara terbanyak secara nasional. Jadi, persoalannya karena belum ada persiapan dan momentumnya saja," ujar Effendi.

Dia memberi sinyal bahwa peluang Puan dalam Pilpres 2024 tetap ada, walau saat ini elektabilitasnya rendah. "Nama-nama yang menempati urutan teratas dalam survei soal pilpres pastinya memiliki niat mencalonkan diri menjadi presiden," ucap anggota Komisi I DPR tersebut. 

Sebelumnya, survei LSI yang diumumkan pada Senin (22/2) menempatkan Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto di urutan tertinggi sebagai calon presiden dengan elektabilitas 22,5 persen.

 

Prabowo kandidat lainnya, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (10,6 persen), Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan (10,2 persen), Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (7,2 persen), dan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno (6,9 persen). Adapun Puan, hanya meraup suara 0,1 persen atau duduk di peringkat ke-22 dalam survei LSI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement