Ahad 21 Feb 2021 23:25 WIB

Pangdam III/Siliwangi Apresiasi Kiprah Dr Aqua Dwipayana

Pakar komunikasi itu memberikan sekitar 50 sesi sharing komunikasi dan motivasi. 

Pakar komunikasi dan motivator Dr Aqua Dwipayana (kiri) dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.
Foto: Istimewa
Pakar komunikasi dan motivator Dr Aqua Dwipayana (kiri) dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG  -- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto beberapa kali menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana atas kesediannya melaksanakan kegiatan sharing komunikasi dan motivasi dengan jajarannya. Seluruhnya diperkirakan lebih dari 50 sesi. Pelaksanaannya di Batalyon, Kodim, Rindam, Korem, hingga semua Balak yang ada di Kodam III/Siliwangi. 

Hal itu disampaikan Nugroho saat Dr Aqua silaturahim ke kantornya di Bandung,  Jumat (19/2) sore.  Mereka berdua diskusi dengan santai dan penuh keakraban sambil membicarakan rencana kegiatan sharing komunikasi dan motivasi di semua satuan yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi baik yang di Jawa Barat maupun Banten. 

Pada pertemuan itu,  Aqua melaporkan kepada Nugroho tentang sharing komunikasi dan motivasi yang sudah dilaksanakan di Kodim Tasikmalaya dan Kodim Ciamis hari Senin (15/2) lalu. Masing-masing dipimpin oleh Dandimnya,  Letkol Inf Ary Sutrisno dan Letkol Czi Dadan Ramdani. 

“Di dua sesi sharing komunikasi dan motivasi itu semua peserta termasuk pengurus dan anggota Persit antusias sekali menghadiri acara dari awal sampai akhir,” kata Aqua. 

Ia menambahkan, saat pertemuan itu banyak peserta yang bertanya. “Baik yang terkait dengan tugas-tugas sebagai prajurit maupun tentang keluarga termasuk kesuksesan mendidik anak-anak,” ujarnya.

Kedua Komandan Kodim tersebut membeli dua buku terbaru karya Aqua yang termasuk dalam buku Trilogi The Power of Silaturahim. Yakni, "Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)", dan "Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama"

Kedua buku itu dibagikan ke semua peserta yang hadir. “Kami akan menggunakan seluruh hasil  penjualan buku itu untuk berbagai kegiatan sosial termasuk membiayai umrah puluhan orang dari berbagai daerah di Indonesia,” tutur Aqua dalam keterangan pers, Ahad (21/2).

Kepada Nugroho, Aqua menyarankan agar kegiatan sharing komunikasi dan motivasi di Kodim Tasikmalaya dan Kodim Ciamis dijadikan contoh untuk pelaksanaan aktivitas serupa di satuan-satuan lain yang berada di bawahnya. Nugroho setuju dengan usulan tersebut. 

"Saya setuju dengan usulan Mas Aqua. Silakan dikomunikasikan langsung kepada para Danrem dan komandan satuan. Saya akan menginfokan hal tersebut ke mereka," ujar bapak tiga putri itu.

Mereka sepakat mulai Senin (1/3) mendatang dilaksanakan sharing komunikasi dan motivasi di Kodam III/Siliwangi. Aqua memperkirakan waktunya sekitar lima sampai enam minggu dengan waktu lima hari dalam seminggu. “Sehari bisa dilakukan tiga hingga empat sesi,” kata Aqua. 

Memenuhi permintaan Nugroho yang disampaikan kepada Aqua pada Ahad sore (14/2) lalu di resto Sari Baping Malangbong KM 61,1 Kabupaten Garut, untuk sesi pertama dilaksanakan di Batalyon infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor. Waktu mereka bertemu, Nugroho didampingi putri bungsunya Azmi Hanifah Budi Setyaningati. 

Nugroho mengatakan yang menjadi prioritas adalah Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda Kota Bogor yang dalam waktu dekat akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di Papua. Sebelumnya beberapa tahun lalu mereka telah melaksanakan kegiatan serupa di wilayah Kalimantan Barat. 

"Saya ingin seluruh prajurit saya di Yonif 315/Garuda Kota Bogor yang mendapat kehormatan tugas operasi ke Papua fokus pada tugas-tugasnya dan dapat berinteraksi dengan masyarakat di sana. Sedangkan para istri dan anak-anaknya mendukung penuh aktivitas mulia suami dan bapaknya," tegas Nugroho. 

Setelah sharing komunikasi dan motivasi di Batalyon Infanteri 315/Garuda Kota Bogor, kegiatan serupa rencananya dilanjutkan ke Korem 061/Surya Kencana Bogor dan semua Kodimnya yakni Kodim 0606/Kota Bogor, Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0621/Kabupaten Bogor, dan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi. 

Sesudah itu ketiga Korem lainnya yang berada di bawah Kodam III/Siliwangi. Masing-masing Korem 062/Taruma Nagara Garut, Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, dan Korem 064/Maulana Yusuf Banten. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement