Ahad 14 Feb 2021 17:42 WIB

Rektor Unhan: Bung Karno dan Ulama Jadi Tonggak Pertahanan

Proklamator RI itu memiliki visi yang sangat kuat bagaimana Indonesia ke depan.

Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksmana Madya Amarulla Oktavian
Foto:

Saat ini, kata Amrulla, semangat Peta pun harus memperkuat karakter generasi muda Indonesia. Sebab, pada 2035, Indonesia diproyeksi mendapat bonus demografi. Angkatan kerja Indonesia yang banyak harus menjadi sumber kekuatan.

"Selain membangun intelektual, dan pengetahuannya, maka pemuda ini harus diisi juga akhlak dan mentalnya, semangat juangnya dalam bela negara. Ini adalah juga media untuk mewariskan perjuangan 1945 dari Peta," kata dia. 

Sementara itu, Mahasiswa S3 Unhan Hasto Kristiyanto menilai peran penting Bung Karno membuktikan bahwa Proklamator RI itu memiliki visi yang sangat kuat bagaimana Indonesia ke depan. Mahasiswa yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu menganggap visi itu bahkan sudah hidup dalam pikiran Bung Karno jauh sebelum Indonesia merdeka.

“Pembentukan Peta melaui kepeloporan Bung Karno dimaksudkan sebagai langkah strategis konsolidasi negara dalam rangka kemerdekaan Indonesia. Jauh sebelumnya sejak 1930-an, Bung Karno telah menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia akan terjadi dalam suasana perang, ketika pasifik membara sehingga pembentukan Peta sangat penting dalam perspektif pertahanan bagi negara yang akan segera merdeka dan memerlukan hadirnya angkatan perang yang membela dan melindungi kemerdekaan Indonesia," kata Hasto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement