Jumat 12 Feb 2021 18:27 WIB

Penyidik Kuatkan TPPU dalam Kasus Korupsi Asabri

Penyidik Kejagung terus melacak aset milik para tersangka terkait korupsi PT Asabri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bayu Hermawan
Direktur Penyidikan Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah
Foto:

Penyitaan terhadap aset-aset milik Heru ini, pun masif menyentuh kepemilikan harta benda yang dalam penguasaan keluarga. Satu unit kendaraan Ferrari seharga Rp 3,5 miliar, pun turut disita dari keluarga Heru, pada Kamis (11/2). 

Selain terhadap Heru dan Benny, pendalaman terkait TPPU, pun bakal turut disertakan terhadap tersangka lain. Kamis (11/2), penyidik di Jampidsus memeriksa inisial IS, yang diketahui sebagai isteri dari tersangka Ilham W Siregar, mantan kepala investasi di Asabri. Penyidik, juga dikatakan Febrie, sejak Kamis (11/2) sedang berada di Jawa Tengah (Jateng), untuk menginventarisir kepemilikan aset berupa lahan seluas ratusan hektare yang disinyalir milik tersangka Lukman Purnomosidi, bos PT Prima Jaringan. 

"Ini yang di Jawa Tengah di luar yang 400 punya Bencok itu. Masih diteliti sama anak-anak di lapangan," katanya menambahkan. 

Tersangka lainnya Adam Rachmat Damiri, dan Sonny Widjaja. Keduanya mantan direktur umum Asabri. Penyidikan di Jampidsus, juga menetapkan jejeran direksi Asabri lainnya sebagai tersangka, yakni Hari Setiono, dan Bachtiar Efendi. Seluruh tersangka, sejak Senin (1/2), sudah berada dalam tahanan.

Jampidsus Ali Mukartono menambahkan, penyitaan sementara memang terhadap dua tersangka Heru, dan Benny. Akan tetapi Ali memastikan, penyitaan juga bakal menyentuh harta benda milik tersangka lain yang diyakini bagian dari kejahatan di Asabri. 

"Penyitaan tidak hanya dua, atau tiga tersangka saja. Itu kan sementara yang baru ketemu. Semuanya itu, akan kita teliti. Kalau ada indikasi, kita sita untuk ganti kerugian negara," kata Ali menegaskan.

Berikut daftar aset, dan harta benda milik beberapa tersangka Asabri yang sudah berhasil disita oleh Jampidsus:

Dari tersangka Heru Hidayat

1. Satu unit mobil Ferrari type F-12 Berlinetta, dengan nomor kendaraan B 15 TRM, dengan STNK, dan BPKP dan tanda bukti pelunasan pembelian kendaraan.

2. Satu unit kapal tanker LNG Aquarius yang terdaftar atas nama PT Hanochem Shipping yang diketahui sebagai anak perusahaan TRAM milik Heru Hidayat.

3. Dokumen kepemilikan sembilan kapal jenis barge, dan tongkang.

4. Dokumen kepemilikan sepuluh unit kapal tug boat.

Dari tersangka Benny Tjokrosaputro

1. Tanah seluas 196 hektare, yang terdiri dari 566 bidang tanah dengan sertifikat hak guna bangunan (HGB) di Curugbitung, Saijarah, dan di Maja, Lebak, Banten.

2. Tanah seluas 33 hektare, yang terdiri dari 158 bidang tanah dengan sertifikat hak guna bangunan di Karang Anyar, Cibadak, dan di Rangkas, Lebak, Banten.

 3. Dokumen dan sertifikat kepemilikan tanah seluas 184 hektare di Lebak, Banten.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement