Selasa 02 Feb 2021 18:35 WIB

Wiku Dorong Nakes Suntik Vaksin Covid-19

Baru sepertiga dari total target tenaga kesehatan yang memperoleh vaksin Covid-19

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pelaksanaan suntik vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di seluruh daerah hingga hari ini telah mencapai 596.260 orang.
Foto: Satgas Covid-19
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pelaksanaan suntik vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di seluruh daerah hingga hari ini telah mencapai 596.260 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pelaksanaan suntik vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di seluruh daerah hingga hari ini telah mencapai 596.260 orang.

“Jumlah ini merupakan sepertiga dari total target tenaga kesehatan yang akan memperoleh vaksin Covid-19,” kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/2).

Baca Juga

Satgas pun mendorong para tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19. Sehingga dapat melindungi dan memutus mata rantai penularan yang terjadi antara pasien dan tenaga kesehatan.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi optimistis target sasaran vaksinasi Covid-19 bagi 1,5 juta tenaga kesehatan di seluruh daerah dapat tercapai. Ia menargetkan, vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan akan tercapai paling lambat akhir Februari.

“Melihat jumlah tenaga kesehatan yang saat ini telah divaksinasi dan pengalaman puluhan tahun melakukan vaksinasi, maka kami optimistis 1,5 juta target tenaga kesehatan dapat tercapai paling lambat akhir Februari,” ujar Nadia saat konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Nadia menegaskan, vaksinasi Covid-19 sangat penting dilakukan dan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan risiko yang ditimbulkan. Berdasarkan laporan Komnas KIPI, hingga saat ini semua reaksi setelah vaksinasi diberikan bersifat ringan dan tak serius.

Melalui vaksinasi ini, pemerintah berharap dapat membentuk kekebalan kelompok terhadap virus Covid-19 sehingga laju penularan pun dapat ditekan. Meskipun telah mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19, Nadia mengimbau masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk menekan angka penularan kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement