Senin 01 Feb 2021 00:15 WIB

Abu Janda, Sosok Kontroversial 'Ciptaan'

Bareskrim Mabes Polri pada Senin (1/2), telah menjadwalkan pemeriksaan terhadapnya.

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Permadi Arya alias Abu Janda  melaporkan cuitan twitter ustadz Maheer At-Thuwailibi ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/11). (Ilustrasi)
Foto:

Baru-baru ini twit Nadirsyah Hosen yang diunggahnya pada 2018 lalu kembali beredar. Dalam cuitannya, ulama NU yang juga dosen di Australia itu menyinggung bahwa Abu Janda adalah sosok ciptaan.  

Namun saat diminta konfirmasi lebih lanjut mengenai cuitan lamanya itu, Nadirsyah atau akrab disapa Gus Nadir itu menolak berkomentar.

"It's just a game. Pemerintah akhirnya mengikuti metode Banser. Untuk menghadapi mereka yang mendadak jadi Ustad tanpa kualifikasi yang jelas, diciptakanlah sosok Abu Janda. Cukup Abu Janda yang ngadepin mereka, gak usah para Kiai. Sekarang untuk ngadepin Fadli dan Fahri, dipakailah Ngabalin," tulis Nadir dalam unggahan twitternya @na_dirs pada 25 Mei 2018. 

Kemudian mendapatkan komentar dari Irfan Muhammad @lIrfanpop... yang menyebut bahwa sosok Abu Janda dapat membuat citra NU semakin buruk. 

"Tapi Gus, dengan mengedepankan sosok macam Abu Janda bukannya malah bikin citra NU/Ansor jadi makin buruk di depan pihak2 yg ga suka ya? CMIIW Gus," ujar Irfan.

"Selalu ada resiko. Tapi intinya menyamakan level permainan. Mosok sekelas Jo'ru harus Rais Syuriah yg ngadepin. Mereka bisa

 

memaki dan nyinyir seenaknya. Gak mungkin para Kiai ke level rendahan gitu. Biar Abu Janda yg ngelayanin mereka. Sama levelnya. Sama-sama ngeselin kan," jawab Gus Nadir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement