Sabtu 30 Jan 2021 10:05 WIB

Panglima TNI: Fakta Membuktikan Pandemi Belum Terkendalikan

Memasuki awal 2021 di Indonesia masih terlihat peningkatan pertambahan kasus Covid-19

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyatakan, pandemi di Indonesia masih belum dapat dikendalikan. Hal itu ia sampaikan setelah melihat data perkembangan kasus positif dan lonjakan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

"Fakta ini membuktikan pandemi masih belum dapat dikendalikan," ungkap Hadi dalam acara bertajuk "Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit" yang dilaksanakan secara virtual, Sabtu (30/1).

Baca Juga

Hadi menjelaskan, memasuki awal 2021 di Indonesia masih terlihat peningkatan pertambahan kasus Covid-19. Dia memamparkan, sepanjang 20 Januari hingga 29 Januari 2021 saja, rata-rata terdapat lebih dari 12.000 kasus positif Covid-19 baru setiap harinya. Hingga pada Selasa (26/1) lalu, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai angka 1 juta kasus.

"Rekap jumlah kasus tersebut diikuti oleh lonjakan angka kematian. Sesuai data dari WHO, jumlah kematian akibat Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir jadi yang tertinggi di Asia dan jadi urutan ke-12 di dunia," tutur Hadi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia mengalami berbagai cobaan berat saat memasuki 2021. Pendapat itu disampaikan Jokowi saat memberi sambutan secara virtual dalam pembukaan Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) di Jakarta, Senin (25/1).

"Sepanjang 2020 dan memasuki 2021, kita menghadapi beberapa ujian, beberapa cobaan yang sangat berat, pandemi Covid-19 yang melanda dunia 215 negara dan Indonesia telah mengakibatkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi," kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengatakan, Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan dua krisis tersebut dengan baik. "Tetapi, permasalahan belum sepenuhnya selesai. Pandemi masih berlangsung dan kita masih selalu waspada dan siaga. Beberapa hari yang lalu, Kalimantan Selatan diterpa banjir yang melanda beberapa kabupaten dan kota, tanah longsor di Sumedang, kecelakaan Sriwijaya Air, dan juga gempa di Sulawesi Barat di Mamuju dan Majene," tutur Jokowi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement